Raja Charles III Beri Gelar Baru untuk William dan Kate

Jadi Pangeran dan Putri Wales

Jakarta, IDN Times - Raja Charles III resmi memberikan gelar baru untuk Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton. Keduanya kini resmi bergelar Pangeran dan Putri Wales.

"Hari ini saya dengan bangga mengangkatnya (William) sebagai Pangeran Wales, Tywysog Cymru. Bersama Catherine di sampingnya, Pangeran dan Putri Wales kita yang baru," ujar Charles mengutip BBC, Sabtu (10/9/2022).

1. Jadi Duke dan Duchess Cornwall

Raja Charles III Beri Gelar Baru untuk William dan Katecosmopolitan.com

William dan Kate juga akan mengemban tugas baru sebagai Duke dan Duchess Cornwall. Gelar tersebut sebelumnya diemban Raja Charles dan pasangannya, Camila.

"Gelar itu (Duke Cornwall) sangat istimewa untuk saya emban selama hidup dan pengabdian saya," kata Charles.

Sebelumnya, William dan Kate mengemban gelar Duke dan Duchess Cambridge.

Baca Juga: Bukan Ratu, Ini Gelar Camilla Istri Raja Charles 

2. Kate ulang sejarah yang ditorehkan Diana

Raja Charles III Beri Gelar Baru untuk William dan KatePutri Diana ketika diwawancarai jurnalis BBC, Martin Bashir pada tahun 1995 (Tangkapan layar YouTube)

Putri Chatrine atau yang akrab disapa Kate, kini mengulang sejarah. Kate mengemban gelar yang sama seperti mendiang ibu mertuanya, Diana ketika menikah dengan Charles.

Kate menjadi orang pertama yang kembali mengemban gelar Putri Wales setelah Diana, mengingat Camila tak pernah menggunakan gelar tersebut.

3. Charles jadi Raja Inggris

Raja Charles III Beri Gelar Baru untuk William dan KatePangeran Kerajaan Inggris, Charles ketika berpidato di KTT G20 dan doakan Presiden Jokowi sukses pimpin KTT G20 (Tangkapan layar YouTube The Royal Family Channel)

Charles resmi menjadi raja Inggris menyusul kabar kematian ibunya, Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat.

Putra sulung Elizabeth itu secara otomatis menjadi raja Inggris Raya. Sejumlah tatanan gelar berubah di keluarga kerajaan Inggris setelah Charles naik menjadi raja.

Terutama gelar kebangsawanan untuk keturunan Charles.

Baca Juga: Ini Gelar Baru Pangeran William dan Kate Middleton 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya