Banjir Kritikan, Menhan Jerman Christine Lambrecht Disebut akan Mundur

Christine Lambrecht tak asing dengan kontroversi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan (Menhan) Jerman, Christine Lambrecht, disebut akan mengundurkan diri dari jabatannya dalam waktu dekat.

Pengunduran diri Lambrecht disebut-sebut dalam sejumlah pemberitaan lokal di Jerman. Seperti laporan surat kabar Jerman, Bild dan Suddeutche Zeitung mengungkap Lambrecht akan mengundurkan diri pada pekan depan.

Kedua media lokal di Jerman itu menggunakan sumber anonim yang mengatakan Lambrecht berkeinginan  mundur dari jabatannya paling cepat pekan depan.

Baca Juga: Polandia Akan Kirim Tank Leopard ke Ukraina, Jerman Beri Lampu Hijau

1. Juru bicara pemerintah Jerman tak banyak bicara

Banjir Kritikan, Menhan Jerman Christine Lambrecht Disebut akan MundurANTARA FOTO/REUTERS/Fabrizio Bensch

Melansir DW, juru bicara pemerintah Jerman tak banyak menanggapi kabar pemundurkan diri Lambrecht.

“Kami tidak mau berkomentar apapun,” kata juru bicara pemerintah Jerman, Jumat (13/1/2023).

2. Lambrecht sempat dikritik karena unggahan di media sosial

Banjir Kritikan, Menhan Jerman Christine Lambrecht Disebut akan MundurChristine Lambrecht, Menteri Pertahanan Jerman (Twitter.com/Bundeswehr)

Lambrecht sempat menjadi sorotan warga Jerman lantaran unggahan media sosialnya yang membahas terkait  perang Ukraina. Namun, dalam unggahan momen Tahun Baru 2023 tersebut, dia melampirkan foto berlatar belakang kembang api.

Akibat unggahan tersebut, anggota oposisi Persatuan Demokrasi Kristen (CDU) mengkritik pesan tersebut sebagai tuli nada, dan mendesaknya  mundur. Banjir kritik juga berasal dari masyarakat.

Baca Juga: Lebih dari 1 Juta Warga Ukraina Mengungsi ke Jerman Sepanjang 2022

3. Partai Sosial Demokrat masih percaya Lambrecht

Banjir Kritikan, Menhan Jerman Christine Lambrecht Disebut akan MundurChristine Lambrecht (Instagram.com/christine.lambrecht)

Lambrecht berasal dari fraksi aliran kiri-tengah, Partai Sosial Demokrat (SPD) Jerman. Kanselir SPD, Olaf Scholz mengaku masih mempercayai Lambrecht di posisinya meski belakangan ini Menhan Jerman itu banyak dikritik masyarakat.

Sebagai menteri pertahanan, Lambrecht berada di ‘garis depan’ dari banyak kontroversi dan kritik selama 2022, terkait peralatan militer yang dikirim Jerman ke Ukraina.

“Lambrecht tidak asing dengan skandal,” kata Scholz.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya