SpaceX Luncurkan 4 Astronaut ke ISS dalam Misi Crew-7 NASA

Keempat astronot berasal dari 4 negara berbeda

SpaceX kembali mencatatkan sejarah dalam bidang eksplorasi luar angkasa. Kali ini mereka berhasil mengirim 4 astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dalam misi Crew-7 NASA. Ini merupakan rotasi ketujuh dalam program kru komersial NASA bersama SpaceX ke ISS.

Pesawat Dragon Endeavour yang ditumpangi astronaut Crew-7 berhasil diluncurkan ke orbit Bumi dengan roket Falcon 9 pada Sabtu (26/08/2023) pagi 03.23 Waktu Timur AS atau sekitar pukup 14.00 WIB.

Setelah hampir 30 jam berada di orbit bumi, pesawat Dragon yang ditumpangi astronaut Crew-7 berhasil sampai ke ISS pada Minggu (27/08/2023) sekitar pukul 20.30 WIB. Keberhasilan misi kali ini menandai kesepuluh kalinya keberhasilan SpaceX dalam mengirimkan astronaut ke ISS.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Elon Musk di SpaceX, Jadi Ada Investasi di Indonesia?

1. Keberhasilan peluncuran

Sebelumnya, peluncuran Crew-7 akan dilakukan pada Jumat (25/08/2023), namun harus diundur selama satu hari untuk menambah waktu pengecekan pesawat Dragon yang akan digunakan.

Peluncuran dilakukan di landasan peluncuran 39A Kennedy Space Center, Florida pada Sabtu (26/08/2023) pukul 03.23 pagi Waktu Timur AS dengan roket Falcon 9.

Beberapa menit setelah diluncurkan, roket tahap pertama Falcon 9 kembali ke Bumi dan mendarat di Zona Landasan 1 SpaceX di Florida. Pesawat Dragon Eandeavour kemudian terbang di orbit sebelum sampai ke ISS.

Crew-7 berhasil sampai dengan selamat ke ISS pada Minggu (27/08/2023) sekitar pukul 20.30 WIB.

Baca Juga: Keren! 2 Astronaut Saudi Meluncur ke Luar Angkasa

2. Mengenal astronaut Crew-7

SpaceX Luncurkan 4 Astronaut ke ISS dalam Misi Crew-7 NASAastronot misi SpaceX Crew-7 (instagram.com/spacex)

Seperti dilansir NASA, Astronaut Crew-7 terdiri dari astronaut internasional. Mereka adalah Jasmin Moghbeli, Andreas Mogensen, Satoshi Furukawa, dan Konstantin Borisov.

Jasmin Moghbeli merupakan astronaut NASA keturunan Iran. Ia bertugas sebagai komandan misi Crew-7. Andreas Mogensen yang berasal dari Denmark mewakili Agensi Luar Angkasa Eropa (ESA) yang bertugas sebagai pilot Crew-7.

Satoshi Furukawa, astronaut asal Jepang mewakili Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA). Lalu, Konstantin Borisov, astronaut asal Rusia mewakili Badan Antariksa Rusia (Roscosmos).

3. Tujuan Crew-7 pergi ke ISS

SpaceX Luncurkan 4 Astronaut ke ISS dalam Misi Crew-7 NASAFoto ISS diambil dari peswat SpaceX Crew Dragon Endeavour (08/11/2023). (instagram.com/iss)

Menurut Administrator NASA Bill Nelson, keempat astronaut tersebut terbang ke ISS untuk melakukan 200 lebih penelitian sains.

"Di dalam stasiun, para kru akan melakukan lebih dari 200 eksperimen sains dan demonstrasi teknologi untuk mempersiapkan misi ke Bulan, Mars, dan sekitarnya, sambil memberikan manfaat bagi umat manusia di Bumi.” Ujar Bill Nelson dalam wawancara yang disiarkan NASA menjelang peluncuran Crew-7.

Eksperimen tersebut mencakup pengumpulan sampel mikroba dari bagian luar stasiun luar angkasa, penelitian pertama tentang respon manusia terhadap durasi penerbangan luar angkasa yang berbeda, dan penyelidikan aspek fisiologis tidur astronaut.

Baca Juga: Ini Sosok Astronaut Perempuan NASA Pertama yang Akan Mengorbit Bulan 

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

fine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya