Angin Kencang Rubuhkan Patung Raksasa Kaisar Pertama di Cina

Padahal patung ini beratnya 6 ton lho

Binzhou, IDN Times - Angin kencang yang mulai melanda Cina timur sejak pekan lalu telah mengakibatkan sebuah patung raksasa kaisar pertama di Tiongkok seberat 6 ton rubuh dan jatuh terguling.

Patung yang tingginya sepanjang 62 kaki atau setinggi 19 meter ini rubuh pada hari Jumat (6/4/2018) lalu, dengan bagian wajah terlebih dahulu menyentuh permukaan lantai. Beruntung jatuhnya patung raksasa ini tidak memakan korban jiwa.

1. Patung raksasa itu merupakan replika dari kaisar Qin Shi Huang

Angin Kencang Rubuhkan Patung Raksasa Kaisar Pertama di Cinashorthistory.org

Dilansir dari BBC, patung Kaisar Qin Shi Huang setinggi 62 kaki yang juga dikenal sebagai Kaisar Pertama Cina telah rubuh pada tanggal  6 April. Patung raksasa ini terletak di Taman Qin Shi Huang di Binzhou, Provinsi Shandong.

Patung Kaisar Qin yang beratnya mencapai 6 ton, jatuh ke permukaan dengan wajah terlebih dahulu dan manik-manik tembaga penutup kepala tersebar di sekitarnya. Patung besar itu rubuh karena hembusan angin yang mencapai 46 mil per jam, atau tingkat 8 pada skala Beaufort.

2. Petugas segera memanggil mobil derek untuk mengangkat patung ini

Angin Kencang Rubuhkan Patung Raksasa Kaisar Pertama di Cinamedium.com

Setelah patung ini rubuh, petugas langsung bergerak cepat dengan memanggil forklift dan truk derek untuk memindahkan patung itu di sore hari.

"Ini adalah hal yang tidak dapat Anda sembunyikan dari orang-orang, Semua orang punya telepon sekarang. Bagaimana Anda bisa menutupi ini?" kata seorang pekerja kepada Global Times, yang juga dilansir Channelnewsasia.

Sebelum patung itu dipindahkan, beredar foto yang menunjukkan bahwa struktur dalam dari patung tersebut berlubang dan cuma ada batangan logam di dalamnya.

3. Inilah penampakan struktur dalam patung yang berlubang

Angin Kencang Rubuhkan Patung Raksasa Kaisar Pertama di Cinachannelnewsasia.com

4. Taman Qin Shi Huang tanpa patung raksasanya

Angin Kencang Rubuhkan Patung Raksasa Kaisar Pertama di Cinamedium.com

5. Patung ini didirikan 13 tahun yang lalu

Angin Kencang Rubuhkan Patung Raksasa Kaisar Pertama di Cinaurdupoint.com

Qin Shi Huang adalah raja dari pendiri Dinasti Qin Cina dan dipercaya sebagai orang pertama yang berhasil menyatukan Tiongkok melalui penaklukkan 6 negara, sekitar tahun 221-206 SM.

Untuk mengenang Qin Shi Huang, maka didirikan sebuah patung replika dirinya pada 13 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal  26 September 2005. Patung Qin Shi Huang setelah diresmikan menjadi sebuah objek wisata lokal yang menarik minat para pengunjung.

Mirza Fahmi Photo Verified Writer Mirza Fahmi

Pencinta kopi dan air hangat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya