PM Ceko Bertemu Jokowi di Belgia, Sampaikan Duka Gempa Cianjur

Pertemuan itu juga turut membahas kerja sama ekonomi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Petr Fiala di Brussels, Belgia. Pertemuan itu dilakukan sebelum Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa.

Dalam pertemuan itu, PM Ceko menyampaikan duka cita atas gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat.
 
“Terima kasih ucapan simpati Yang Mulia atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Dan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa bertepatan dengan momentum 45 tahun kemitraan ASEAN–Uni Eropa,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Rabu (14/12/2022).

Baca Juga: KTT ASEAN-Uni Eropa Digelar Besok, Ini Sejumlah yang Isu Disorot 

1. Bahas soal kerja sama ekonomi hingga pertahanan

PM Ceko Bertemu Jokowi di Belgia, Sampaikan Duka Gempa CianjurPresiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Petr Fiala di Brussels, Belgia (dok. Sekretariat Presiden)

Pertemuan itu turut membahas kerja sama ekonomi, pertahanan. Selain itu, kerja sama di bidang industri strategis dan kerja saam Indo-Pasifik juga dibahas dalam pertemuan Jokowi dan PM Ceko.
 
“Beberapa langkah yang saya kira bisa didorong untuk tingkatkan perdagangan antara lain percepatan penyelesaian Indonesia-EU CEPA. Saya juga harapkan rencana investasi Ceko juga dapat segera direalisasikan,” kata dia.

Baca Juga: Hadiri KTT ASEAN-UE 2022, Jokowi Tak akan Menginap di Belgia

2. Jokowi apresiasi kerja sama Indonesia dan Ceko di bidang pertahanan

PM Ceko Bertemu Jokowi di Belgia, Sampaikan Duka Gempa CianjurAksi pasukan khusus saat pembukaan acara Indo Defence 2022 di JI Expo pada 2 November 2022. (IDN Times/Santi Dewi)

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan apresiasi kerja sama Indonesia dan Ceko di bidang pertahanan. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Ceko yang ikut berpartisipasi di acara Indo-Defense 2022 lalu.

"Kerja sama pertahanan dan industri strategis perlu ditingkatkan melalui antara lain produksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur,” kata Jokowi.

Baca Juga: Balas Kegilaan Putin, Ceko Perketat Masuknya Turis Rusia ke Negaranya

3. Jokowi undang Ceko ikut serta di acara Indo-Pacific Infrastructure Forum 2023

PM Ceko Bertemu Jokowi di Belgia, Sampaikan Duka Gempa CianjurPresiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Petr Fiala di Brussels, Belgia (dok. Sekretariat Presiden)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian mengundang Ceko untuk ikut serta di acara Indo-Pacific Infrastructure Forum 2023. Acara tersebut bertujuan membangun arsitektur yang inklusif agar stabilitas, perdamaian, adan kemakmuran dapat dijaga.
 
Dalam kesempatan itu, PM Ceko Petr Fiala, menyambut baik. Dia juga menyampaikan selamat atas suksesnya penyelenggaraan KTT G20 Bali.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya