Zelenskyy Titip Pesan Perdamaian untuk Putin lewat Jokowi

Jokowi bertemu dengan Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, U

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. Pertemuan itu digelar di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina pada Rabu (29/6/2022).

Jokowi mengatakan, kunjungannya ke Ukraina sebagai bentuk kepedulian Indonesia terhadap Ukraina yang kini sedang dilanda perang.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Jokowi dalam keterangan yang diterima IDN Times, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Pakai Kemeja Putih, Jokowi Bertemu Presiden Zelenskyy di Ukraina

1. Zelenskyy titip pesan ke Jokowi yang akan bertemu dengan Putin

Zelenskyy Titip Pesan Perdamaian untuk Putin lewat JokowiPresiden RI Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Zelenskyy menitipkan pesan ke Jokowi untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin yang berencana bertemu dalam waktu dekat. Pesan tersebut terkait dengan perdamaian.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ucapnya.

Baca Juga: Potret Jokowi Naik Kereta Api dari Polandia ke Ukraina

2. Jokowi berikan bantuan ke Ukraina berupa obat-obatan

Zelenskyy Titip Pesan Perdamaian untuk Putin lewat JokowiJokowi kunjungi Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan bantuan kepada Ukraina berupa obat-obatan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Indonesia untuk Ukraina.

Jokowi berharap perang segera usai. Sebab, Ukraina merupakan salah satu negara pemasok pangan utama global.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," katanya.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Apartemen Porak Poranda di Ukraina, Iriana Merinding

3. Jokowi singgung 30 tahun diplomatik Indonesia-Ukraina

Zelenskyy Titip Pesan Perdamaian untuk Putin lewat JokowiPresiden RI Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (dok. Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Jokowi kemudian menyinggung 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Rusia. Dia menyampaikan agar hubungan bilateral terus diperkuat. Presiden Zelenskyy menyampaikan terima kasih atas kunjungan Jokowi. Menurutnya, Jokowi merupakan pemimpin dari Asia yang pertama berkunjung ke negaranya.

"Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang," ujar Zelenskyy.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya