Kebakaran Picu Ledakan di Pabrik Taiwan, 5 Orang Tewas

Insiden terjadi di pabrik bola golf di Kabupaten Pingtung

Jakarta, IDN Times - Kebakaran disertai ledakan terjadi di sebuah pabrik bola golf di Kabupaten Pingtung, Taiwan bagian selatan pada Jumat (22/9/2023). Sedikitnya lima orang tewas dan lebih dari 100 orang terluka, sementara lima orang lainnya dikabarkan hilang. 

Kobaran api terus menyala dalam semalam. Tiga petugas pemadam kebakaran ada di antara korban tewas, lapor pihak berwenang.

Sejauh ini, tim penyelamat masih mencari empat pekerja pabrik dan satu petugas pemadam kebaran yang belum ditemukan dankemungkinan masih terjebak di reruntuhan. Lebih dari 100 orang dilarikan ke rumah sakit karena luka-luka.

Baca Juga: Taiwan Minta China Setop Provokasi Militer di Kawasannya

1. Penyelidikan sedang berlangsung

Dilansir DW, Hakim Kabupaten Pingtung, Chou Chun-mi, mengatakan penyelidikan penyebab tragedi naas itu telah diluncurkan. 

“Menghadapi kesedihan anggota keluarga, saya tidak bisa berkata apa-apa kecuali bersujud sedalam-dalamnya, meminta maaf, dan menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya,” kata Chou dalam unggahan media sosialnya usai bertemu dengan orang-orang tercinta dari mereka yang meninggal.

Sementara pihak berwenang mengatakan gas alam mungkin turut berkontribusi terhadap ledakan pada Jumat tersebut. Ledakan terjadi saat petugas kebakaran berusaha memadamkan api.

Baca Juga: Taiwan Deteksi 28 Jet China Masuki Wilayahnya

2. Presiden Taiwan akan berkunjung ke lokasi kebakaran

Kantor berita Taiwan, Focus Taiwan melaporkan, Menteri Dalam Negeri Taiwan, Lin Yu-chang akan mengunjungi pabrik tersebut pada Sabtu pagi, untuk memantau situasi yang ada di sana.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen menyampaikan rasa belasungkawanya kepada para korban. Dalam pidatonya di Taipei pada Sabtu, dia mengatakan akan melakukan perjalanan ke Pingtung untuk mengunjungi para korban yang terkana dampak bencana tersebut.

Tsai juga mengatakan pemerintah daerah Pingtung telah mendirikan pusat operasi darurat guna menyalurkan bantuan kepada mereka yang terkena dampak kebakaran pabrik tersebut.

3. Kebakaran penyebab salah satu kehancuran di Taiwan

Dalam beberapa tahun terakhir, kebakaran telah menjadi penyebab kehancuran di Taiwan. Pada 2015 lalu, lebih dari 500 orang terluka di konser musik di Formosa Water Park di New Taipei City Taiwan akibat kebakaran.

Insiden saat konser musik itu dipicu ledakan bubuk teater berwana yang dilemparkan dari panggung di depan sekitar 1.000 orang, lapor badan pemadam kebakaran dan media setempat waktu itu.

Pada 2021, kebekaran telah menghancurkan sebuah gedung apartemen di Taiwan. Menewaskan hampir 50 orang di gedung berlantai 13 itu. Pemadam kebakaran mengatakan kobaran api sangat dahsyat saat itu. Kebakaran juga telah menghancurkan banyak lantai di gedung tersebut.

Baca Juga: Taiwan adalah Bagian Integral dari Perdamaian dan Keamanan Global

NUR M AGUS SALIM Photo Verified Writer NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya