Rusia Unggah Video Komandan Senior Viktor Sokolov Masih Hidup

Sebelumnya, Ukraina klaim Sokolov telah terbunuh

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pertahanan Rusia mengunggah sebuah video yang melemahkan klaim Ukraina yang mengatakan bahwa Kiev telah membunuh salah satu komandan utama Moskow.

Dalam video yang di unggah Moskow, laksamana Armada Laut Hitam Rusia, Viktor Sokolov yang diklaim terbunuh oleh Kiev nampak hadir dalam sebuah pertemuan. Sokolov muncul di layar besar pada pertemuan dewan Kementerian Pertahanan Rusia pada Selasa (26/9/2023).

Unggahan tersebut sangat mengejutkan, karena Kiev telah mengklaim membunuh Sokolov dalam serangan pada Jumat lalu. Ukraina melancarkan serangan besar-besaran terhadap markas Armada Laut Hitam dekat Sevastopol, sebuah pelabuhan di wilayah pendudukan Krimea.

Baca Juga: Ukraina Klaim Serangan di Sevastopol Tewaskan Komandan Senior Rusia

1. Ukraina mengklarifikasi dugaan terbunuhnya Sokolov

Dilansir CNN, militer Ukraina mengatakan pihaknya sedang mengklarifikasi informasi tentang dugaan pembunuhan Sokolov, setelah Moskow merilis sebuah video yang menunjukkan Sokolov masih hidup dan sehat.

Menteri Pertahanan Ukraina, Rustem Umerov, berbicara pada Christiane Amanpour dari CNN mengatakan jika Sokolov meninggal, “Ini adalah kabar baik bagi semua orang,” kata Umerov pada Selasa.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dari pihak Kiev, Umerov tidak membenarkan atau menyangkal Sokolov telah terbunuh dalam serangan itu.

“Dia (Sokolov) berada di wilayah pendudukan sementara kami… dia seharusnya tidak berada di sana sama sekali. Jadi, jika dia tewas, ini merupakan kabar baik bagi semua orang bahwa kami terus melakukan deokupasi terhadap wilayah kami,” kata Umerov kepada Amanpour.

“Karena Rusia dipaksa untuk mempublikasikan tanggapan dengan Sokolov yang diduga masih hidup, unit kami mengklarifikasi informasi tersebut,” kata Pasukan Operasi Khusus Ukraina melalui Telegram pada Selasa.

Baca Juga: Ukraina Klaim Tewaskan Komandan Armada Laut Hitam Rusia 

2. Tidak ada yang memastikan pria dalam video yang beredar adalah Sokolov

Dilansir Yahoo News, pasukan khusus Ukraina mengatakan Sokolov adalah salah satu dari 34 perwira yang tewas dalam serangan rudal di pangakalan angkatan laut. Akan tetapi, seorang pria yang mirip Sokolov, dan mengenakan lencana nama serta lambang sesuai dengan pangkatnya, terlihat pada pertemuan Selasa.

Dalam rekaman video tersebut, Sokolov tidak nampak terluka. Namun, hanya kepala dan dadanya yang terlihat. Dia juga tidak berbicara dalam video tersebut.

Pihak CNN mengatakan, tidak dapat memastikan bahwa pria itu adalah Sokolov, kapan pertemuan itu terjadi, maupun kapan video tersebut dibuat. Sementara pihak Ukraina mengatakan 105 orang terluka dalam serangan tersebut.

3. Kremlin menolak berkomentar tentang klaim Ukraina

Serangan pada Jumat adalah salah satu dari serangkaian serangan yang dilancarkan Ukraina terhadap sasaran militer Rusia di Krimea. Jika benar terbunuh, Sokolov akan menjadi salah satu korban paling senior dalam invasi Rusia ke Ukraina.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov pada Selasa, menolak mengomentari klaim Ukraina bahwa Sokolov telah terbunuh.

Dalam transkrip pertemuan yang menunjukkan Sokolov muncul kembali, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyombongkan pencapaiannya. Dia mengklaim keberhasilan Rusia baru-baru ini dalam melawan serangan balasan Ukraina.

Baca Juga: Dubes Ukraina: Kami Masih Berperang Lawan Musuh yang Sangat Brutal!

NUR M AGUS SALIM Photo Verified Writer NUR M AGUS SALIM

peternak ulat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya