Kebakaran di Caldor Meluas, Penduduk Sekitar Mengungsi

Api telah menghancurkan 472 rumah

Jakarta, IDN Times - Di negara bagian utara California, tepatnya di El Dorado, kembali terjadi kebakaran hutan yang semakin memanas. Terlebih sejak Senin (30/8/2021) angin kencang terus-menerus membawa kobaran api mendekati area Danau Tahoe. Dilansir laman BBC News, lebih dari 3.500 pasukan pemadam kebakaran telah berkumpul untuk mempertahankan Danau Tahoe.

Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Thom Porter, bahwasanya aktivitas kebakaran yang terjadi jelas berbeda dengan sebelumnya. Ganasnya kobaran api menciptakan ancaman besar bagi penduduk sekitar.

Dengan kondisi demikian, ribuan penduduk sekitar diperintahkan untuk mengevakuasi diri dengan meninggalkan wilayah Danau Tahoe secepatnya. Ramainya kepergian penduduk ini kemudian mengakibatkan kemacetan terjadi di mana-mana.

1. Kebakaran hutan kian menjalar ke area Danau Tahoe

Kebakaran di Caldor Meluas, Penduduk Sekitar MengungsiIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Dilansir The Sacramento Bee, sejak Senin malam (30/8/2021), angin kencang dengan ganasnya membawa kobaran api dari Echo Summit, turun beberapa mil tepatnya di bagian selatan Danau Tahoe. Api yang terus melonjak menuju Highway 89 menghantam sejumlah rumah dan kabin yang berada di antara jalan raya 50 dan 89, tepatnya di bagian timur puncak dan kira-kira sekitar 2 mil Meyers.

Tak pernah terjadi sebelumnya, kebakaran kali ini jelas berbeda dari yang pernah ada. Hal ini disebabkan kondisi kekeringan yang ditambah dengan angin kencang yang terus mengobarkan api.

Dilansir Al Jazeera, adanya ancaman kebakaran yang kian meluas membuat Dinas Kehutanan Amerika Serikat mengeluarkan pengumuman bahwa seluruh hutan nasional di California akan ditutup hingga 17 September 2021. 

2. Penduduk sekitar diperintahkan untuk mengungsi secepatnya

Baca Juga: Paraguay: Kebakaran Hutan Terjang 2 Taman Nasional

Dilansir laman CNN, Dinas Kehutanan Amerika Serikat menyebutkan bahwa kebakaran yang terjadi mengancam hampir 34.000 bangunan dan telah memakan 472 rumah serta beberapa kabin. Dengan kondisi demikian, satu-satunya hal yang perlu dilakukan penduduk sekitar ialah meninggalkan huniannya dan segera mengevakuasi diri.

"Terdapat aktivitas api yang terjadi di California yang mana tak pernah kita lihat sebelumnya. Hal genting yang perlu diketahui masyarakat ialah untuk melakukan evakuasi secepatnya," ucap Thom Porter, Direktur Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California, atau Cal Fire.

Perintah evakuasi yang dikeluarkan mengacu ke berbagai daerah, termasuk sebagian wilayah El Dorado di selatan Danau Tahoe, yang merupakan wilayah perbatasan California-Nevada.

3. Macet total tak terhindarkan lagi di sekitar Danau Tahoe

Saat liburan musim panas, berbagai jalanan utama di wilayah sekitar South Lake Tahoe dipenuhi ribuan turis. Namun kini, semua jalanan telah sepi akibat kobaran api yang terus menjalar mendekati danau air tawar tersebut.

Kota dengan jumlah penduduk sebanyak 22.000 jiwa tersebut terpaksa mengosongkan dirinya akibat penduduk mulai meninggalkan wilayah sekitar Danau Tahoe. Evakuasi massal yang dilakukan sejak Senin (30/8/2021) pun memicu kemacetan total selama berjam-jam. 

"(Caldor Fire) Ini di luar kendali dari perkiraan saya," ucap salah seorang penduduk yang sedang mengevakuasi diri, bernama Glen Naazs.

Hingga kini, pasukan pemadam kebakaran terus berjuang melawan kobaran api yang telah menghanguskan 191.000 hektar tersebut.

Baca Juga: Harvey Weinstein akan Diekstradisi ke California untuk Diadili

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya