Comscore Tracker

11 Orang Meninggal Ditembak Kelompok Bersenjata di Meksiko

Seorang wanita dan anak-anak berhasil selamat

Mexico City, IDN Times - Sekelompok orang bersenjata melancarkan serangan di daerah yang dekat dengan ibukota Guadalajara, negara bagian Jalisco. Mereka mengendari sebuah mobil dan menyerang orang-orang yang berada di trotoar, di depan sebuah rumah di kota Tonala.

Serangan tersebut terjadi pada hari Sabtu (27/2) dan membuat setidaknya 11 orang meninggal. Satu korban meninggal yang ditemukan di dalam rumah adalah seorang anak-anak. Serangan tersebut semakin menandai bagaimana begitu bahayanya negara bagian Jalisco di wilayah Meksiko Barat tersebut.

1. Korban selamat seorang wanita dan anak-anak yang terluka

11 Orang Meninggal Ditembak Kelompok Bersenjata di MeksikoIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Otoritas berwenang yang melakukan penyelidikan di daerah di mana penembakan terjadi mengatakan bahwa kelompok orang bersenjata tersebut mengendari sebuah mobil berjenis SUV. Mereka melancarkan serangan dan menembaki orang-orang di Tonala.

Polisi setempat, menurut informasi dari jaksa wilayah tersebut, melansir dari Associated Press, menemukan setidaknya 10 mayat pria yang penuh dengan peluru di trotoar depan rumah. Satu korban lainnya adalah anak-anak yang ditemukan meninggal di dalam rumah.

Dalam aksi penembakan brutal tersebut, ada yang selamat yakni seorang perempuan dan seorang anak lelaki yang masih muda, diperkirakan masih dibawah umur. Mereka kini menjalani perawatan intensif. Pihak berwenang belum mengeluarkan rincian atas aksi brutal itu.

2. 18 plastik berisi potongan tubuh manusia

11 Orang Meninggal Ditembak Kelompok Bersenjata di MeksikoIlustrasi. (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Jalisco sejauh ini dikuasai oleh kartel narkoba Jalisco New Generation Cartel (CJNG). Kelompok kartel tersebut terkenal sangat kejam dan kuat. Mereka tak segan-segan melakukan pembunuhan sadis seperti memutilasi atau memenggal kepala korban.

Di negara bagian Jalisco, polisi banyak menemukan kuburan rahasia yang berisi mayat korban pembunuhan. Jumlah yang ditemukan oleh polisi jauh lebih banyak dibandingkan dengan negara bagian yang lainnya.

Polisi belum bisa memastikan apakah korban penembakan pada hari Sabtu adalah perang antar kartel atau pelakunya dari kelompok CJNG. Sejauh ini, penyelidikan masih terus dilakukan.

Melansir dari laman ABC News, sebelumnya, pada Kamis malam (11/2), jaksa negara bagian Jalisco mengatakan bahwa polisi juga menemukan sebanyak 18 kantong plastik yang berisi potongan tubuh manusia di pinggiran kota Guadalajara. Polisi masih melakukan identifikasi untuk memastikan berapa banyak korban yang dimutilasi dalam kantong plastik tersebut.

Baca Juga: Meksiko dan Argentina Buka Poros Progresif Baru di Amerika Latin

3. Mantan gubernur negara bagian Jalisco dibunuh

11 Orang Meninggal Ditembak Kelompok Bersenjata di MeksikoMantan gubernur Jalisco, Aristoteles Sandoval, meninggal dibunuh orang tak dikenal. (twitter.com/Jose Lapiz)

Beberapa peristiwa mengerikan seperti serangan acap kali terjadi di negara bagian Jalisco. Namun sejauh ini penyelidikan dari kepolisian setempat belum berani memastikan siapa kelompok penyerang tersebut. Polisi juga tidak mengarahkan bahwa para pelaku kemungkinan adalah CJNG.

Pada akhir tahun lalu, pada bulan Desember, mantan gubernur negara bagian jalisco yang bernama Aristoteles Sandoval menjadi target penyerangan. Saat itu ia sedang makan di sebuah restoran pinggir pantai di daerah Puerto Vallarta. Ketika ke kamar mandi, ia ditembaki orang dari belakang.

Melansir dari laman The Guardian, sebenarnya Sandoval biasanya dikawal sekitar 15 polisi. Tapi pada kesempatan itu, hanya dua orang yang mengawalnya. Sandoval tidak langsung meninggal. Ketika para pengawal mencoba membawa dia ke rumah sakit, kelompok bersenjata itu berada di luar restoran menembaki dan menghalangi upaya penyelamatan.

Baku tembak pun terjadi dan melukai salah seorang pengawal Sandoval. Akhirnya ketika mantan gubernur Jalisco itu bisa dibawa ke rumah sakit, namun lukanya terlalu parah dan dia tidak bisa diselamatkan.

Baca Juga: Pimpinan Senat Meksiko Ajukan UU untuk Atur Media Sosial

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya