Comscore Tracker

Kuil Sikh di Afghanistan Diserang, 2 Tewas Termasuk Anggota Taliban

Sikh kerap menjadi target penyerangan di Afghanistan

Jakarta, IDN Times - Ibu kota Kabul, Afghanistan, kembali diguncang ledakan bom. Insiden terjadi pada Sabtu (18/6/2022) pagi hari di sekitar kuil Sikh. Seorang pasukan Taliban dan seorang jemaah Sikh tewas dalam insiden tersebut.

Ledakan itu berasal dari sebuah kendaraan yang dipenuhi bahan peledak. Kendaraan menyasar kuil Sikh tapi berhasil digagalkan sebelum mencapai tujuannya. Korban lain yang terluka dari insiden itu dilarikan ke rumah sakit.

1. Taliban mengatakan para penyerang tewas

Kuil Sikh di Afghanistan Diserang, 2 Tewas Termasuk Anggota Talibanilustrasi jemaah Sikh (Unsplash.com/Kit Suman)

Penyerang telah menargetkan kuil Sikh di ibu kota Kabul. Menurut pernyataan dari Abdul Nafi Takur, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, pihak berwenang mampu menggagalkan penyerang yang berencana meledakkan kuil tersebut.

Dilansir Tolo News, Takur juga menjelaskan bahwa para penyerang tewas. Saat ini pasukan Taliban telah menguasai sekitar area tempat kejadian perkara.

Tidak ada rincian tentang berapa jumlah para penyerang dan berapa dari mereka yang tewas atau terluka. Tapi satu anggota Taliban dan seorang jamaah Sikh tewas dalam insiden tersebut.

Baca Juga: Taliban di Pakistan: Gencatan Senjata dengan Islamabad Diperpanjang!

2. Sekitar 30 orang berada di dalam kuil

Otoritas Taliban telah mengamankan kuil Sikh, tapi area ditutup dan anggota komunitas Sikh dicegah untuk memasuki gedung. Saat insiden serangan terjadi, ada sekitar 30 orang yang berada di dalam kuil.

"Ada sekitar 30 orang di dalam kuil. Kami tidak tahu berapa banyak dari mereka yang hidup atau berapa banyak yang mati. Taliban tidak mengizinkan kami masuk ke dalam, kami tidak tahu harus berbuat apa," kata Gornam Singh, salah satu jemaah Sikh, dikutip dari Al Jazeera.

Singh juga menjelaskan bahwa dia mendengar suara tembakan dari dalam kuil. Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

3. Minoritas Sikh kerap jadi target kekerasan

Serangan yang disusul dengan bom mobil itu juga melukai tujuh orang. Mereka kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan. Video yang beredar di media sosial menunjukkan asap mengepul ke langit dari sekitar kuil.

Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Afghanistan (UNAMA) mengecam serangan ke kuil Sikh itu. Dalam sebuah unggahan di media sosial, UNAMA mengatakan bahwa serangan terhadap warga sipil harus segera dihentikan.

Menurut Gandhara, Sikh adalah minoritas agama kecil di Afghanistan yang terdiri dari sekitar 300 anggota sebelum negara tersebut jatuh ke tangan Taliban. Banyak di antaranya yang telah meninggalkan negara itu, usai Afghanistan diambil alih Taliban, setelah ditinggal pergi pasukan Amerika Serikat dan sekutunya.

Sebagai minoritas, komunitas Sikh juga kerap menjadi target serangan di Afghanistan. Pada 2020, Negara Islam-Khorasan (ISIS-K) mengklaim bertanggung jawab atas serangan ke kuil Sikh lain di Kabul yang menewaskan 25 orang.

Baca Juga: Arab Saudi Sumbang Rp437 Miliar untuk atasi Krisis di Afghanistan

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya