Comscore Tracker

Polandia Borong Tank Canggih AS Senilai Rp60 Triliun

Untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dari ancaman

Jakarta, IDN Times - Polandia memborong tank canggih Amerika Serikat (AS) senilai 3,75 miliar dolar (sekitar Rp58,5 triliun). Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah menyetujui proposal pembelian itu pada Selasa (6/12/2022) 

Departemen Luar Negeri AS menjelaskan, tank yang dibeli Polandia adalah tank tempur utama (main battle tank) M1A1 Abrams. Total yang dibeli Warsawa adalah 116 unit tank. Selain itu, Polandia juga membeli puluhan ribu butir amunisi.

1. Polandia akan segera mendapatkan 28 unit tank pada pengiriman awal

Polandia Borong Tank Canggih AS Senilai Rp60 Triliunilustrasi (Pixabay.com/Military_Material)

Polandia telah lama ingin membeli tank canggih dari AS, yakni M1A1 Abrams. Pembicaraan dan penandatanganan pembelian itu dilakukan pada April. Sekitar 250 sistem pertahanan ditandatangani dengan perkiraan potensi pembelian sebesar 4,75 miliar dolar (setara Rp74,2 triliun).

Melansir Defense News, pada Selasa, Kongres AS telah diberi tahu tentang potensi kesepakatan pembelian 116 tank M1A1 Abrams senilai 3,75 miliar (sekitar Rp58,5 triliun).

Menurut pengumuman yang disampaikan Departemen Pertahanan AS, kontraktor utama penyedia senjata itu adalah AAR Corp, Allison Transmissions, Anniston Army Depot, BAE Systems, General Dynamics Land Systems, Honeywell, L3Harris Technologies, Leonardo DRS, Lockheed Martin, Palomar, Pearson Engineering, dan U.S. Ordnance.

Pengiriman unit tank Abrams itu akan dimulai tahun ini, dengan 28 tank pertama bakal mulai dikirim ke angkatan bersenjata Polandia.

Baca Juga: Paus Fransiskus: Invasi Rusia Sama Kejamnya dengan Genosida Nazi

2. Meningkatkan kemampuan pertahanan sekutu NATO

Rencana Polandia memborong tank Negeri Paman Sam selaras dengan kebijakan luar negeri AS, yaitu meningkatkan keamanan sekutu NATO.

Dilansir Associated Press, Departemen Luar Negeri AS juga menjelaskan, tank dan peralatan lainnya akan meningkatkan kemampuan Warsawa menghadapi ancaman saat ini dan di masa depan, dengan memberi kekuatan yang kredibel dan bisa berpartisipasi dalam operasi NATO.

Polandia telah berupaya memodernisasi peralatan militernya. Negara itu sebelumnya telah memborong seribu unit tank K2 dan 679 howitzer dari Korea Selatan. Tank warisan Soviet milik Polandia beberapa dikirim ke Ukraina untuk membantu melawan invasi Rusia.

3. Rincian pembelian senjata Polandia dari AS

Polandia Borong Tank Canggih AS Senilai Rp60 Triliunilustrasi (Pixabay.com/Military_Material)

Dalam unggahan resmi yang diterbitkan oleh Defense Security Cooperation Agency, selain 116 tank tempur utama M1A1 Abrams, Polandia juga membeli 12 kendaraan tempur M88A2 Hercules.

Paket pembelian senilai hampir Rp60 triliun itu juga termasuk kendaraan tempur lain seperti kendaraan Komando M577A3, kendaraan taktis ringan M1279A1, 116 senapan mesin kaliber 50 M2, 232 senapan mesin M240, dan puluhan ribu amunisi.

Bahkan, paket tersebut juga termasuk peralatan komunikasi, GPS Receiver, suku cadang dan perbaikan, serta alat uji dan manual teknis.

Pada saat yang bersamaan, dikatakan juga bahwa AS menyetujui penjualan helikopter Chinook kepada sekutu Korea Selatan. Helikopter yang dibeli itu senilai 1,5 miliar dolar AS (setara Rp23,4 triliun).

Baca Juga: Hungaria Veto Bantuan Uni Eropa untuk Ukraina Senilai Rp294 Triliun

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani Kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya