Comscore Tracker

Polandia-Ceko Sepakat Lindungi Langit Slovakia dari Ancaman Rusia

Slovakia pensiunkan jet tempur buatan Uni Soviet

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Polandia dan Republik Ceko pada Sabtu (27/8/2022) menandatangani perjanjian dengan negara tetangga Slovakia. Dalam kerja sama trilateral itu, Polandia dan Ceko disebut siap untuk melindungi keamanan langit Slovakia.

Perjanjian itu dibuat karena Bratislava akan mempensiunkan jet tempur buatan Uni Soviet, yakni MiG-29. Negara tersebut sedang menunggu jet tempur baru F-16 dari Amerika Serikat (AS).

1. Langkah mencegah kemungkinan agresor

Polandia-Ceko Sepakat Lindungi Langit Slovakia dari Ancaman Rusiailustrasi jet tempur MiG-29 (Pixabay.com/sjr4x4)

Perwakilan dari tiga negara hadir di pangkalan udara Slovakia pada Sabtu. Polandia diwakili oleh Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak, Ceko diwakili oleh Jana Cernochova, dan tuan rumah diwakili oleh Jaroslav Nad.

Dengan pensiunnya MiG-29 Slovakia, maka negara itu memiliki celah kerentanan keamanan udara. Perjanjian dibuat untuk menutupi celah tersebut.

Melansir VOA News, Blaszczak mengatakan sepasang jet tempur F-16 milik Polandia akan mulai melakukan patroli di wilayah udara Slovakia mulai 1 September. Dia menyebut langkah itu sebagai cara mencegah kemungkinan agresor.

Baca Juga: Bantu Pasok Rudal S-300 ke Ukraina, Slovakia Janji Tak Terlibat Perang

2. Memperkuat pertahanan di tengah ketegangan perang

Perang Rusia di Ukraina yang belum mereda telah menimbulkan ketegangan di kawasan Eropa timur. Negara-negara tetangga Ukraina telah menata diri memperkuat pertahanan demi mencegah kemungkinan terburuk

Polandia, Ceko, dan Slovakia adalah tiga negara yang pernah di bawah kendali Uni Soviet selama beberapa dekade ketika Perang Dingin. Banyak orang di negara tersebut memiliki kekhawatiran jika ambisi kekaisaran Moskow berlanjut, maka mereka bakal menjadi target setelah Ukraina.

"Di dekat wilayah tempat kami tinggal, terjadi perang, dan kami semua yang berdiri di sini hari ini memiliki pengalaman dengan fasisme atau komunisme, dan kami sangat menghargai kebebasan yang kami peroleh setelah 1989," kata Jana Cernochova dikutip ABC News.

3. Jet tempur Slovakia akan disumbangkan ke Ukraina

Polandia-Ceko Sepakat Lindungi Langit Slovakia dari Ancaman Rusiailustrasi (Unsplash.com/John Torcasio)

Slovakia sejauh ini diketahui memiliki 11 unit jet tempur MiG-29 buatan Uni Soviet. Bulan lalu, Jaroslav Nad mengatakan sedang mempertimbangkan untuk menyumbangkan beberapa pesawat tersebut ke Ukraina dalam kondisi tertentu.

Melansir Deutsche Welle, Nad tidak menyebutkan apakah MiG yang dipensiunkan akan dikirim ke Ukraina. Tapi, Bratislava sedang berdiskusi dengan mitra NATO untuk mencari cara terbaik memberi dukungan berkelanjutan ke Ukraina.

Slovakia telah menyumbangkan banyak peralatan tempur ke Ukraina demi bertahan dalam invasi Rusia. Bantuan itu seperti sistem pertahanan udara S-300, helikopter Mi-Series, howitzer dan peluncur multi roket Grad.

Saat ini, Slovakia menunggu 14 unit jet tempur F-16 dari AS yang diperkirakan semuanya akan tiba dua tahun mendatang. Jadi perjanjian perlindungan udara Slovakia dengan Polandia dan Ceko akan berjalan sampai F-16 itu tiba.

Baca Juga: Polandia Tuding Belarus Hancurkan Makam Pahlawan

Priyadi Saja Photo Verified Writer Priyadi Saja

Petani Kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya