Comscore Tracker

Bayi Mammoth Berusia 30.000 Tahun Ditemukan Membeku di Kanada

Penemuan bayi mammoth tersebut menjadi yang kedua di dunia

Jakarta, IDN Times - Seekor bayi mammoth berbulu ditemukan dalam keadaan hampir lengkap dan membeku di tambang emas Klondike di wilayah tradisional Trʼondëk Hwëchʼin, Yukon, Kanada.

Penemuan gajah purba ini pun menjadi penemuan bayi mammoth yang kedua di dunia, dan yang pertama di Amerika Utara, dilansir BBC (26/6/2022).

1. Mumi bayi mammoth tersebut diberi nama 'Nun cho ga'

Mumi bayi mammoth, yang ditemukan pada Selasa tersebut, diperkirakan telah berusia lebih dari 30 ribu tahun dan telah membeku selama zaman es.

Bayi yang diduga berjenis kelamin betina itu diberi nama Nun cho ga, yang berarti 'bayi hewan besar' dalam bahasa Hän, yakni bahasa yang digunakan oleh penduduk asli Amerika di wilayah tersebut.

Baca Juga: Ingin Hidupkan Mammoth, Ilmuwan Dapat Dana Rp200 Miliar

2. Ditemukan oleh seorang penambang emas

Bayi Mammoth Berusia 30.000 Tahun Ditemukan Membeku di KanadaIlustrasi area pertambangan. (pexels.com/Tom Fisk)

Menurut laporan CBC News, Nun cho ga ditemukan oleh seorang penambang emas saat sedang menggali melalui permafrost atau lapisan tanah yang membeku, dan saat sedang melakukannya dia menabrak sesuatu. Melihat kejadian ini, penambang pun memanggil bosnya untuk memeriksa sesuatu yang terkena buldosernya di Eureka Creek Yukon, selatan Dawson City. 

Hingga akhirnya, gambar penemuan itu dikirimkan ke seorang ahli paleontologi pemerintah Yukon, Grant Zazula. Menurut Zazula, penemuan paling penting dalam paleontologi di Amerika Utara telah dibuat oleh penambang tersebut.

"Dia memiliki belalai. Dia memiliki ekor. Dia memiliki telinga kecil yang mungil. Dia memiliki ujung batang yang kecil di belalainya yang dapat dia gunakan untuk mengambil rumput," kata Zazula. "Dia sempurna dan dia cantik."

Sejak 1999, ahli paleontologi mulai mempelajari zaman es di Yukon, yang dikenal sebagai wilayah dengan catatan fosil hewan zaman es yang terkenal di dunia.

3. Nun cho ga berukuran hampir sama dengan bayi mammoth yang ditemukan di Siberia

Bayi Mammoth Berusia 30.000 Tahun Ditemukan Membeku di KanadaIlustrasi seekor mammoth. (unsplash.com/April Pethybridge)

Pemerintah Yukon dalam siaran pers mengatakan, sebelum ditemukan Nun cho ga, penemuan serupa pernah dilakukan.

Pada 1948, sebagian anak mammoth ditemukan di sebuah tambang emas di Alaska dan diberi nama Effie. Lalu, pada 2007, seekor mumi bayi mammoth berbulu berusia 42 ribu tahun yang diberi nama Lyuba, ditemukan di Siberia, Rusia, dilansir CBS News .

Nun cho ga sendiri memiliki panjang sekitar 140 cm, di mana berukuran sedikit lebih panjang dari Lyuba.

Baca Juga: Selain Mammoth, Ini 10 Hewan di Zaman Es yang Perlu Kamu Tahu 

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya