Jepang Kerahkan 3 Pesawat SDF untuk Evakuasi Warganya dari Israel

Pesawat sudah stand by di Djibouti

Jakarta, IDN Times - Jepang mengerahkan tiga pesawat Pasukan Bela Diri (SDF) untuk mengevakuasi warganya dari Israel, di tengah eskalasi konflik Hamas-Israel. Pesawat tersebut telah menuju Djibouti di Afrika Timur pada Sabtu (14/10/2023).

Ketiga pesawat itu akan bersiaga untuk dikerahkan, jika pengoperasian penerbangan komersial terpisah menemui kendala. Pesawat carteran tersebut dijadwalkan meninggalkan Tel Aviv pada Sabtu waktu setempat menuju Dubai di Uni Emirat Arab.

1. Respons pemerintah Jepang untuk jamin keselamatan warganya

Jepang Kerahkan 3 Pesawat SDF untuk Evakuasi Warganya dari IsraelPerdana Menteri Jepang, Fumio Kishida. (twitter.com/kishida230)

Pada Sabtu pagi, pesawat pengisian bahan bakar dan transportasi udara KC-767 milik Angkatan Udara Bela Diri Jepang tersebut lepas landas dari Pangkalan Udara Komaki di Prefektur Aichi, Jepang tengah.

Secara terpisah di hari yang sama, dua pesawat angkut C-2 meninggalkan Pangkalan Udara Miho di Prefektur Tottori, Jepang barat, NHK News melaporkan.

SDF telah mengerahkan sekitar 420 pasukan untuk misi tersebut.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengumumkan operasi evakuasi tersebut pada Jumat, dan mengatakan bakal merespons dengan cepat jika ada kebutuhan untuk mengangkut warganya keluar dari Israel.

"Kami akan bekerja sama dengan negara-negara lain untuk mengambil semua tindakan yang mungkin dilakukan untuk mengevakuasi warga negara Jepang dan memastikan keselamatan mereka," kata Kishida, dikutip dari Nippon.

Di sisi lain, Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengimbau warga Jepang untuk meninggalkan Israel dan memanfaatkan kesempatan evakuasi tersebut, karena melihat situasi lokal yang sangat dinamis

Menteri Pertahanan Minoru Kihara telah mengindikasikan bahwa pemerintah mungkin juga mengevakuasi warganya melalui jalur darat.

Baca Juga: Netanyahu Sebut Serangan Israel ke Gaza Baru Permulaan

2. Banyak negara mengevakuasi warganya dari Israel

Sejumlah negara telah melancarkan operasi untuk mengevakusi warganya dari Israel. Ini sebagai respons perang yang berkecamuk telah merenggut ribuan nyawa warga Palestina dan Israel.

Dilansir Kyodo News, Korea Selatan pada Sabtu melaporkan, telah menerbangkan 163 warganya bersama dengan 51 warga negara Jepang dan 6 warga negara Singapura dari Israel menggunakan pesawat angkut militer.

Sementara itu, Israel memberikan sedikit pemberitahuan kepada mereka yang bekerja di bagian utara Jalur Gaza untuk segera mengungsi ke selatan, sebelum mereka mengerahkan pasukan dan pertempuran di lapangan semakin intensif.

Menurut pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri Jepang, terdapat beberapa warga Negeri Sakura yang bekerja di Jalur Gaza untuk organisasi internasional atau non-pemerintah, dikutip dari Asahi Shimbun.

3. Seputar pangkalan militer Jepang di Djibouti

Jepang Kerahkan 3 Pesawat SDF untuk Evakuasi Warganya dari IsraelIlustrasi pasukan militer. (unsplash.com/Filip Andrejevic)

Pada 2011, SDF mendirikan pangkalan di Djibouti, sebuah negara kecil di Tanduk Afrika yang berjarak sekitar 2 ribu kilometer selatan Israel. Basis tersebut awalnya didirikan sebagai bagian dari misi anti-pembajakan internasional di Teluk Aden di lepas pantai Somalia.

Jepang juga pernah menggunakan posko tersebut untuk melakukan operasi evakuasi warganya dari Sudan yang dilanda perang pada April, di mana meningkatnya pertempuran antara militer Sudan dan pasukan paramiliter.

Baca Juga: Korea Utara Bantah Senjatanya Digunakan Hamas dalam Melawan Israel 

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya