Kunjungan Kerja ke AS, Menlu Lithuania Bertemu Blinken

Membahas berbagai isu-isu ekonomi, politik, hingga keamanan

Washington DC, IDN Times - Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis sambangi Amerika Serikat (AS) dalam rangka kunjungan kerja untuk memperkuat hubungan Vilnius dengan Washington. Pada kesempatan tersebut, Menteri Luar Negeri (Menlu) Landsbergis menemui Kongres AS, Menlu AS Antony Blinken, serta perwakilan dari pusat analisis dan komunitas bisnis.

Lalu, apa saja yang dibahas oleh Lithuania dan AS?

1. Menlu Landsbergis bertemu dengan anggota Senat dan House of Representatives AS

Kunjungan Kerja ke AS, Menlu Lithuania Bertemu BlinkenMenteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis (ketiga dari kiri) pada pertemuan dengan Senat AS untuk Komite Hubungan Luar Negeri di Washington (14/9/2021). (twitter.com/SFRCdems)

Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Lithuania, Menlu Landsbergis memulai kunjungan kerjanya ke AS pada hari Selasa (14/9/2021) dengan melakukan pertemuan di Kongres AS untuk bertemu dengan Senat AS dan House of Representatives AS. 

Pada pertemuan tersebut, Lithuania-AS membahas perihal aspirasi dan peluang untuk memperluas hubungan ekonomi pada kerja sama bilateral kedua negara, penguatan hubungan Trans-Atlantik, keamanan regional dan global, termasuk upaya rezim Belarus dalam merekayasa migrasi, tekanan dari China atas keputusan Lithuania yang memperkuat hubungan ekonomi dengan Taiwan, serta situasi di Ukraina, Kuba, dan Venezuela.

2. Menlu Lithuania bertemu dengan Menlu AS, Blinken: menegaskan kembali dukungan kuat AS untuk Lithuania dalam menghadapi upaya paksaan dari China soal Taiwan

Kunjungan Kerja ke AS, Menlu Lithuania Bertemu BlinkenMenteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis (kiri) saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken di Washington (15/9/2021). (twitter.com/LituaniaMFA)

Baca Juga: Belarusia Selidiki Kematian Migran Irak di Lithuania

Menlu Lithuania juga bertemu dengan Menlu AS, Antony Blinken pada 15 September, waktu setempat. Berdasarkan dari pernyataan Departemen Luar Negeri AS di laman resminya, kedua Menlu tersebut tegaskan kembali komitmen bersama pada keamanan kolektif dalam Aliansi NATO dan kerja sama kuat AS-Uni Eropa dalam memajukan perdamaian, kemakmuran, keamanan, demokrasi, dan hak asasi manusia di kawasan Trans-Atlantik dan di seluruh dunia.

Blinken juga menggarisbawahi solidaritas tegas AS dengan sekutu NATO dan mitra Uni Eropa, Lithuania, dalam menghadapi tantangan geopolitik pada stabilitas regional, keamanan, dan kemakmuran ekonomi.

Juga, Blinken menegaskan kembali dukungan kuat AS pada Lithuania soal China, membahas upaya guna membantu Lithuania membangun ketahanan rantai pasokan dan memperluas kerja sama ekonomi bilateral, serta membahas kemitraan berkelanjutan untuk mendukung gerakan pro-demokrasi Belarus.

Pada kesempatan tersebut, Blinken tidak lupa menyampaikan terimakasihnya kepada Lithuania karena memfasilitasi pembentukan Unit Urusan Belarus di Kedutaan Besar AS di Vilnius.

3. Menlu Landsbergis saat bertemu dengan Dewan Bisnis Amerika-Lithuania

Kunjungan Kerja ke AS, Menlu Lithuania Bertemu BlinkenMenteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis (keempat dari kiri) saat bertemu dengan Dewan Bisnis Amerika-Lithuania di Washington (16/9/2021). (twitter.com/LituaniaMFA)

Pada hari Kamis (16/9/2021), Menlu Landsbergis bertemu dengan para pengusaha dari perusahaan Amerika yang bergerak di berbagai sektor, yakni pertahanan, jasa keuangan, keamanan siber, bioteknologi, farmasi, dan manajemen sumber daya manusia.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari perusahaan Amerika, seperti: Thermo Fisher Scientific, Lockheed Martin, Eli Lilly, Bell/Texron, Oshkosh Defense, Sempra Energy, Strategic Staffing Solutions, Exxon Mobil, Moody's, dan Motorola Solution.

"Bisnis AS sangat menghargai politik Lithuania, di mana kemitraan Trans-Atlantik yang berbasis nilai, intensif, dan erat menjadi jaminan terbaik pada pengembangan lebih lanjut dari hubungan bisnis kami," ungkap Landsbergis setelah pertemuan berlangsung dan dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Lithuania.

Nantinya, Dewan Bisnis Amerika-Lithuania akan membawa delegasi bisnis AS ke Lithuania pada 22-23 September mendatang.

Baca Juga: Lithuania Akan Bangun Tembok di Perbatasan Belarusia

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya