Tembus 33 Derajat Celcius, Korsel Akan Hadapi Gelombang Panas Nasional

Korsel menghadapi cuaca ekstrem

Jakarta, IDN Times - Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan Korea Selatan (Korsel) telah mengeluarkan peringatan secara nasional, perihal heatwave atau gelombang panas yang menyengat pada Sabtu (2/7/2022).

Peringatan tersebut pun dikeluarkan 18 hari lebih awal, jika dibandingkan tahun lalu, Korea Herald melaporkan.

1. Korea Selatan menaikkan status peringatan gelombang panas ke level 'oranye'

Tembus 33 Derajat Celcius, Korsel Akan Hadapi Gelombang Panas NasionalBendera Korea Selatan. (Unsplash.com/Stephanie Nakagawa)

Korsel saat ini sedang menghadapi cuaca yang ekstrem, di mana suhu harian di lebih dari 40 persen wilayah negara itu mencapai 33 derajat celcius, bahkan lebih tinggi selama tiga hari berturut-turut.

Pemerintah Korsel pun telah menaikkan peringatan risiko gelombang panas ke status 'oranye', yakni status tertinggi kedua pada skema empat tingkat sistem peringatan cuaca di negara itu.

Hampir seluruh wilayah di Negeri Ginseng sekarang berada di bawah peringatan gelombang panas, di mana telah dikeluarkan di 164 dari 178 wilayah, dan sekitar 82 wilayah akan merasakan indeks panas tersebut, dikutip dari KBS World.

Baca Juga: Bullying di Perkantoran Korsel Meningkat, Ada yang Mau Bunuh Diri

2. Korsel mencari upaya guna melindungi warga yang bekerja di luar ruangan

Tembus 33 Derajat Celcius, Korsel Akan Hadapi Gelombang Panas NasionalIlustrasi alat mengukur suhu atau temperatur. (unsplash.com/Jarosław Kwoczała)

Di bawah peringatan gelombang panas, kementerian dan lembaga pemerintah terkait sedang meninjau berbagai cara guna melindungi mereka yang rentan terhadap cuaca buruk, termasuk mereka yang bekerja di luar ruangan, seperti pekerja konstruksi dan petani lanjut usia.

Upaya tersebut juga termasuk menyiapkan prosedur perlindungan untuk pertanian, peternakan, dan perikanan, hingga kemungkinan pemadaman listrik.

Seorang pejabat dari Kementerian Dalam Negeri menganjurkan masyarakat agar menahan diri dari kegiatan di luar ruangan, serta minum banyak air selama gelombang panas mendera Korsel.

3. Typhoon Aere akan menerjang Korsel

Tembus 33 Derajat Celcius, Korsel Akan Hadapi Gelombang Panas NasionalIlustrasi angin topan. (pixabay.com/WikiImages)

Dilansir Arirang, pada awal pekan depan, Korsel akan berada di bawah pengaruh langsung Typhoon Aere yang saat ini sedang menuju Semenanjung Korea.

Dilaporkan bahwa setelah terbentuk di atas perairan di Okinawa, Jepang, Typhoon Aere diprediksi akan mencapai perairan dekat Pulau Jeju pada Selasa. Ini akan membawa hujan lebat ke pulau dan wilayah bagian selatan Korsel.

Baca Juga: Korut Klaim COVID-19 Masuk karena 'Alien' di Perbatasan Korsel 

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya