Selain Presiden Nigeria, 5 Pemimpin Dunia Ini Juga Diisukan Wafat

"Ya, aku sudah mati. Tapi aku bangkit lagi," canda Mugabe

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari diketahui telah menjadi korban kabar bohong atau hoaks, baru-baru ini. Berita palsu itu sendiri dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Memang, sang presiden pernah jatuh sakit. Hanya saja, tidak ada informasi valid yang menyebut sakit apa yang diderita Presiden Buhari.

Hal itulah yang kemudian memicu hoaks sang presiden telah wafat. Bahkan, lebih dari dua juta orang dilaporkan telah menyebarkan kabar palsu wafatnya Presiden Buhari.

Sebelumnya, IDN Times (4/12) mewartakan, Presiden Buhari sendiri muncul di Konferensi PBB di Polandia, akhir pekan lalu. Walau telah membuktikan dirinya masih bernyawa, masih saja ada pihak-pihak yang tidak percaya. Sebagian dari yang tidak percaya itu menyebut bahwa Presiden Buhari yang muncul dalam Konferensi PBB tersebut adalah kloningan.

Nah, selain Presiden Buhari, ada lima pemimpin dunia lain yang harus repot-repot menangkal hoaks sekaligus membuktikan kalau dirinya masih hidup.

1. Presiden Gabon Ali Bongo

Selain Presiden Nigeria, 5 Pemimpin Dunia Ini Juga Diisukan Wafatqz.com

Presiden Gabon Ali Bongo juga dikabarkan telah meninggal dunia, baru-baru ini. Berita wafatnya sang presiden terus menyebar sejak dirinya pingsan pada sebuah konferensi tingkat tinggi di Arab Saudi, bulan Oktober 2018 silam.

Lalu, dia dirawat di rumah sakit selama enam pekan lamanya. Walau begitu, belum ada rincian spesifik tentang kondisinya. Seperti yang dilaporkan Reuters, Presiden Ali Bongo menderita penyakit stroke.

Karena kabar yang menyebut dirinya telah wafat semakin kencang, sang presiden memilih untuk menunjukkan diri kalau masih hidup. Presiden Ali Bongo muncul pertama kali di rumah sakit di Maroko, Senin (4/12).

Baca Juga: Dikabarkan Meninggal Dunia, Presiden Nigeria Muncul di Polandia

2. Presiden Malawi Peter Mutharika

Selain Presiden Nigeria, 5 Pemimpin Dunia Ini Juga Diisukan Wafatbloomberg.com

Presiden Malawi Peter Mutharika juga menjadi korban hoaks tak bertanggung jawab. Dia pun harus repot-repot membuktikan diri kalau masih bernyawa.

Hoaks wafatnya Presiden Malawi ini mulai beredar pada awal bulan Oktober 2016. Ketika itu, Presiden Mutharika terbang menuju Kota New York, Amerika Serikat untuk menghadiri United Nations General Assembly pada pertengahan bulan September.

Sejak itu, keberadaan sang presiden tidak diketahui publik. Kabar dirinya wafat pun mulai berhembus kencang. Bahkan, rakyat Malawi menciptakan tagar viral yaitu #BringBackMutharika.

Untuk meredam kegemparan rakyat, Pemerintah Malawi mengeluarkan pernyataan bahwa sang presiden dalam keaadan sehat wal afiyat dan akan pulang ke Malawi pekan depannya.

Tidak ada kabar selama satu bulan lamanya. Ke mana saja Pak Presiden?

3. Presiden Zimbabwe Robert Mugabe

Selain Presiden Nigeria, 5 Pemimpin Dunia Ini Juga Diisukan Wafatleadership.ng

Presiden Zimbawe Robert Mugabe, 94, telah menjabat sebagai kepala negara selama 30 tahun lamanya. Dia adalah orang paling berkuasa di sana. Namun, itu tidak menghentikan kabar palsu menerpa dirinya. Pada tahun 2016, Presiden Mugabe dilaporkan wafat di dalam pesawat terbang yang sedang mengudara dari Dubai, UEA menuju Zimbabwe.

Mengetahui kabar palsu itu, Presiden Mugabe tertawa terbahak-bahak. Alih-alih memberi pernyataan yang logis, dia malah membuat lelucon tentang hoaks kematian dirinya.

"Ya, aku telah mati. Itu benar, aku telah tiada. Tapi, aku dibangkitkan lagi seperti yang biasa aku lakukan begitu aku kembali ke negaraku. Aku hidup lagi," canda Presiden Mugabe.

4. Presiden Korea Utara Kim Jong-un

Selain Presiden Nigeria, 5 Pemimpin Dunia Ini Juga Diisukan Wafatmopo.de

Presiden Korea Utara Kim Jong-un yang terkenal otoriter itu sendiri tak lepas dari hoaks. Pada tahun 2012, tepat setelah dia baru saja naik ke tampuk kekuasaan tertinggi Korut, isu dirinya telah mati dibunuh di Kedubes Korut di Beijing, Tiongkok, menjadi viral di Twitter.

Menurut media BBC, kabar hoaks kematian Kim Jong-un karena dibunuh itu berasal dari sebuah situs mikroblog Tiongkok, Sina Weibo. Walau mengetahui adanya kabar hoaks, Pemerintah Korut bahkan tidak mengeluarkan pernyataan apa pun.

Tapi, seperti yang kita tahu sama-sama, Presiden Kom Jong-un masih hidup.

5. Presiden Rusia Valdimir Putin

Selain Presiden Nigeria, 5 Pemimpin Dunia Ini Juga Diisukan Wafatdesibucket.com/Romy

Sebagai salah satu orang yang paling berkuasa di dunia, Presiden Vladimir Putin juga diterpa kabar miring. Walau memimpin negara adikuasa, statusnya sebagai presiden tak bisa membuatnya terhindar dari hoaks.

Pada tahun 2015 silam, Putin menghilang dari pandangan publik selama hampir 10 hari. Tidak adanya kabar, bahkan sekecil apapun tentang sang presiden menimbulkan spekulasi dirinya telah wafat karena sakit.

Seperti yang dilaporkan Telegraph, Presiden Putin yang mengetahui kabar hoax wafatnya dirinya, akhirnya memutuskan untuk muncul demi membuktikan dirinya masih bernapas.

"Hidup ini memang membosankan tanpa gosip," kata Putin pada saat itu.

Itulah lima presiden yang repot-repot membuktikan diri masih hidup untuk menyangkal hoaks kematiannya.

Baca Juga: Kim Jong-un Hadiahkan Anjing Pungsan kepada Presiden Korea Selatan

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya