Taman Hiburan di Prancis Ini Lepas Burung Gagak untuk Mengambil Sampah

Mereka 'magang' buat ambil sampah

Les Epesses, IDN Times - Sebanyak enam burung gagak diketahui telah dilatih secara khusus oleh sebuah taman hiburan di Prancis Puy du Fou, Kota Les Epesses, untuk mengambil puntung rokok dan sampah kering.

Keenam burung pintar itu saat ini tengah 'magang' dan rencananya bakal bekerja penuh waktu di taman hiburan bertema sejarah paling terkenal di Prancis itu mulai pekan depan.

1. Tak hanya mengambil sampah

Taman Hiburan di Prancis Ini Lepas Burung Gagak untuk Mengambil Sampahpuydufou.com

Direktur taman bermain Puy du Fou, Nicolas di Villiers kepada kantor berita Agence France-Presse (AFP) mengungkapkan, alasan dari memanfaatkan burung adalah selain untuk menjaga kebersihan, alam dinilai bisa mengajarkan manusia guna melestarikan lingkungan.

"Tujuannya bukan hanya untuk membersihkan, karena para pengunjung pada umumnya telah berhati-hati untuk menjaga kebersihan. Upaya melepas burung-burung itu juga untuk menunjukkan bahwa alam itu sendiri dapat mengajarkan kita untuk menjaga lingkungan," cetus Nicolas de Villiers kepada AFP.

2. Diberi hadiah nugget

Taman Hiburan di Prancis Ini Lepas Burung Gagak untuk Mengambil Sampahpuydufou.com

Sementara itu, Villiers menambahkan, jenis burung gagak yang dimanfaatkan adalah jenis burung gagak Rook. Jenis burung gagak Rook sendiri diketahui sebagai burung yang paling cerdas. Bahkan menurut Villiers, dalam situasi tertentu, burung gagak Rook gemar berinteraksi dan bermain dengan manusia.

Pola pembersihan lingkingan taman bermain oleh enam burung gagak Rook itu akan menggunakan sistem reward. Jadi, setiap kali masing-masing burung gagak Rook itu kembali ke tempat khusus sembari membawa puntung rokok atau sampah lainnya, mereka akan diberi nugget.

3. Eksperimen para ilmuwan sebelumnya

Taman Hiburan di Prancis Ini Lepas Burung Gagak untuk Mengambil SampahBBC/Sarah Jelbert

Terkait kecerdasan burung gagak Rooks di taman bermain Puy du Fou di atas, BBC menambahkan, sebelumnya, tepatnya pada awal tahun ini, para ilmuwan telah menciptakan satu unit mesin penjual otomatis (Vending machine) yang sekali lagi membuktikan kemampuan burung gagak untuk memecahkan masalah.

Seperti vending machine pada umumnya, vending machine satu ini juga memiliki sistem yang sama yaitu pembeli harus memasukkan uang koin atau uang kertas. Namun bedanya, vending machine ini didesain khusus untuk burung gagak. Jadi, ketika seekor burung gagak memasukkan kertas dengan ukuran tertentu, maka akan keluar camilan yang sudah disediakan.

Para ilmuwan menemukan, bahwa burung gagak dapat mengingat ukuran kertas yang tepat. Bahkan, burung gagak diketahui memangkas kertas yang berukuran besar hingga sesuai dengan mulut mesin. Keren kan?

Ngomong-ngomong, jangan sampai kalah menjaga kebersihan dari burung-burung. Secara, manusia juga adalah bagian dari alam. So, mari jaga kebersihan lingkungan kita.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya