Dubes Ukraina untuk RI: Perang Dunia III Sedang Terjadi

Ia mengatakan perang Rusia-Ukraina adalah perang global

Jakarta, IDN Times – Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia Vasyl Hamianin mengecam perang yang diciptakan Rusia di Ukraina saat ini. Dalam webinar virtual yang diselenggarakan FPCI pada Kamis (14/4/2022), Hamianin menyebut apa yang dilakukan Rusia adalah tindakan kolonialisme.

“Perang yang terjadi saat ini hanya perang dari Rusia melawan Ukraina. Saya ingin menegaskan ini adalah perang kolonialisme melawan demokrasi, melawan kedamaian dan stabilitas di seluruh dunia,” ujarnya.

Baca Juga: Rusia: Perang Dunia III Pasti Pakai Nuklir

1. Agresi terbesar Rusia setelah Perang Dunia II

Dubes Ukraina untuk RI: Perang Dunia III Sedang TerjadiAnggota tentara Rusia menembakkan peluncur granat berpeluncur roket (RPG) saat latihan militer di Kuzminsky di selatan Rostov, Rusia, Jumat (21/1/2022). Foto diambil tanggal 21 Januari 2022. ANTARA FOTO/REUTERS/Sergey Pivovarov/WSJ.

Ia lebih lanjut mengungkapkan bahwa sejak Perang Dunia II, ini menjadi invasi dan agresi terbesar yang ada dalam sejarah Rusia. Ia juga menyayangkan perang yang diinisiasi oleh negara besar yang memiliki kekuatan nuklir dan tentara yang kuat, yang juga menjadi anggota Dewan Keamanan (DK) PBB itu.

Hamianin juga menyebut baik Rusia dan Ukraina merupakan negara yang besar. Di mana Rusia merupakan negara terbesar di dunia berdasarkan wilayahnya, sementara Ukraina adalah yang terbesar kedua di Eropa setelah Rusia.

“(Rusia) adalah anggota tetap dari DK PBB, yang mana penting untuk dikemukakan,” katanya.

2. Dampak perang sudah terasa

Dubes Ukraina untuk RI: Perang Dunia III Sedang TerjadiSeorang veteran batalion Tentara Nasional Ukraina melakukan latihan militer untuk warga sipil di tengah ancaman serangan Rusia di Kyiv, Rusia, Minggu (30/1/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Gleb Garanich/WSJ.

Hamianin mengungkapkan bahwa sudah banyak negara di dunia yang merasakan dampak dari perang yang terjadi saat ini. Adapun dampak itu termasuk kenaikan harga bahan bakar dan juga pangan.

Hamianin juga memperingatkan akan ancaman besar pada sektor pangan dunia ke depannya.

“Dan di banyak negara akan, saya harap ini tidak terjadi, tapi saya khawatir itu terjadi, krisis pangan, karena Ukraina adalah salah satu kontributor terbesar untuk keamanan pangan secara global dan Rusia juga memiliki kontribusi besar,” jelasnya.

Ia juga menyebut bahwa jika Ukraina gagal melakukan panen hasil pertanian pada musim panas dan musim gugur ini, maka krisis pangan akan terjadi di banyak wilayah.

“Itu akan akan menjadi bencana untuk banyak negara di Afrika, Asia dan semua wilayah. Jadi ini adalah perang global,” tegasnya.

Baca Juga: PBB: Perang di Ukraina Mengancam Kehidupan Miliaran Orang

3. Perang dunia III sedang terjadi

Dubes Ukraina untuk RI: Perang Dunia III Sedang TerjadiAlexander Bazhanov, 34, manajer teknik dari Mariupol berjalan di penyeberangan perbatasan antara Polandia dengan Ukraina, setelah Presiden Vladimir Putin mengesahkan operasi militer di wilayah timur Ukraina, di Medyka, Polandia, Kamis (24/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Kacper Pempel.

Dalam kesempatan itu, Hamianin juga bercerita bahwa sejumlah orang pernah bertanya pada dirinya apakah ia khawatir akan terjadinya Perang Dunia III. Menanggapi itu, Hamianin mengatakan bahwa Perang Dunia III sudah terjadi.

“Saya katakan bahwa ini Perang Dunia III. Karena di dunia ini, di abad ke-21, apapun yang besar terjadi di manapun, akan melibatkan seluruh dunia dalam hitungan jam. Bukan dalam hitungan hari, minggu atau bulan,” jelasnya.

“Ini bukan abad ke-20, tidak seperti 100 tahun lalu. Ini waktu yang sangat berbeda. Waktu yang sangat cepat dari perkembangan dan komunikasi dalam banyak kasus. Jadi kamu menekan tombolnya di sini dan sesuatu terjadi di belahan bumi lain, yang ribuan kilometer jauhnya. Jadi ini Perang Dunia III,” tambah Hamianin.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya