Comscore Tracker

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Nikaragua

Beberapa jam sebelumnya terjadi gempa magnitudo 5,8

Jakarta, IDN Times – Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 terjadi di dekat pantai Nikaragua, negara di Amerika Tengah, pada Selasa (9/11/2021) pagi. Bencana alam tersebut dilaporkan Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC).

Menurut EMSC, gempa tersebaru terjadi pada kedalaman 60 km. Gempa ini terjadi hanya beberapa jam setelah gempa berkekuatan magnitudo 5,8 melanda wilayah tersebut.

Baca Juga: BMKG catat 844 Kali Gempa Selama Oktober 2021

1. Gempa pertama terjadi Senin malam

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang NikaraguaIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ) melaporkan gempa pertama berkekuatan magnitudo 5,8 di Nikaragua terjadi pada Senin (8/11/2021) malam. Gempa terjadi di dekat Jinotepe, Departamento de Carazo.

Gempa tersebut terjadi pukul 20.53 waktu setempat. Kedalaman gempa cukup dangkal, yakni 58 km.

2. Laporan lebih lengkap menyusul

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang NikaraguaIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam pernyataan awalnya, GFZ menyatakan magnitudo yang tepat, pusat gempa dan kedalaman pusat gempa akan disempurnakan. GFZ juga menyebut akan memperhatikan data dari lembaga lain.

“Layanan pemantauan kami mengidentifikasi laporan kedua dari Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) yang mencantumkan gempa berkekuatan (magnitudo) 5,7,” ujarnya.

Baca Juga: Nikaragua Blokir Enam NGO Asal AS dan Uni Eropa

3. Gempa dirasakan di beberapa tempat

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang NikaraguaIlustrasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan data seismik awal, gempa tersebut kemungkinan dirasakan banyak orang di wilayah episentrum. Namun, GFZ menyebut seharusnya gempa itu tidak menyebabkan kerusakan yang signifikan.

GFZ juga menyebut gempa akan dirasakan sebagai guncangan ringan di sejumlah wilayah seperti di Masachapa yang terletak 64 km dari pusat gempa.

“Getaran lemah mungkin terasa di Managua yang terletak 109 km dari pusat gempa, dan Leon yang 139 km jauhnya,” jelas GFZ, menurut VolcanoDiscovery.

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya