Comscore Tracker

Sedang Jadi Perhatian Dunia, Apa Itu Pertemuan G7?

Tahun ini Pertemuan G7 digelar di Cornwall, Inggris

Jakarta, IDN Times – Belakangan dunia sedang ramai membahas pertemuan besar yang dihadiri sejumlah pemimpin negara, yang disebut G7.

Para pemimpin dunia itu termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, yang melakukan kunjungan luar negeri pertamanya sejak menjabat pada Januari 2021. Lalu apa sebenarnya G7?

Baca Juga: Hadiri Pertemuan Para Pemimpin Dunia, Biden Tiba di Inggris

1. Pengertian G7

Sedang Jadi Perhatian Dunia, Apa Itu Pertemuan G7?Para pemimpin G7 bertemu di Cornwall, Inggris pada Jumat (11/6). (Twitter.com/Boris Johnson)

G7 pada dasarnya merupakan singkatan dari Group of Seven. Ini adalah organisasi yang dianggotai tujuh negara dengan ekonomi terbesar di dunia, yang juga kerap disebut negara dengan ekonomi maju. Ketujuh negara ini adalah Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.

Rusia pernah bergabung pada 1998, menciptakan G8, tetapi dikeluarkan pada 2014 karena pengambilalihan Krimea.

Tiongkok, ekonomi terbesar kedua di dunia, tidak pernah menjadi anggota. Ini karena meskipun ekonominya besar, negara ini memiliki populasi terbesar di dunia, sehingga tingkat kekayaan per orang yang relatif rendah tidak menjadikannya sebagai ekonomi maju seperti anggota G7.

Selain dihadiri kepala negara dari tujuh negara itu, perwakilan dari Uni Eropa juga hadir dalam pertemuan. India, Korea Selatan dan Australia juga telah diundang tahun ini.

2. Pertemuan tahun ini digelar di Inggris

Sedang Jadi Perhatian Dunia, Apa Itu Pertemuan G7?Para pemimpin G7 berkumpul membahas cara penanganan terhadap pandemi COVID-19 di Cornwall, Inggris. (Instagram.com/g7)

Pertemuan G7 tahun ini digelar di Cornwall, Inggris dan berlangsung dari Jumat (11 Juni) hingga Minggu (13 Juni). Lebih spesifik, pertemuan tersebut berlangsung di Carbis Bay Hotel dekat St Ives di Cornwall.

Alasan pertemuan di gelar di Inggris adalah karena tahun ini Inggris memegang kepresidenan G7.

Wilayah pertemuan kali ini dipandang sebagai pusat sektor teknologi hijau Inggris. Menurut BBC, memamerkan kredensial hijau negara itu penting bagi pemerintah menjelang konferensi iklim COP26 di Glasgow pada November mendatang.

Ini bukan pertama kalinya para pemimpin dunia bertemu di sebuah resor pantai. Pada pertemuan G7 terakhir, pada 2019, para pemimpin negara bertemu di kota tepi laut Prancis, Biarritz.

3. Apa yang dilakukan G7?

Sedang Jadi Perhatian Dunia, Apa Itu Pertemuan G7?Pertemuan G7 di Biarritz, Prancis, pada 24-26 Agustus 2019. ANTARA FOTO/Andrew Harnik/Pool via REUTERS

Sepanjang tahun para menteri dan pejabat dari negara-negara anggota mengadakan pertemuan, membentuk kesepakatan dan mempublikasikan pernyataan bersama tentang peristiwa-peristiwa global.

Sebelumnya menjelang pertemuan tahun ini, para menteri keuangan G7 sepakat untuk membuat perusahaan multinasional membayar lebih banyak pajak.

Dalam pertemuan utama, para pemimpin negara membahas berbagai hal yang menjadi perhatian utama dunia, seperti masalah pandemik COVID-19, yang mempengaruhi banyak negara tahun ini. Selain itu, topik mengenai sistem kesehatan global yang lebih kuat, perubahan iklim dan perdagangan juga menjadi pembahasan.

Di akhir pertemuan, Inggris sebagai negara tuan rumah akan menerbitkan dokumen yang disebut komunike. Ini menguraikan apa yang telah disepakati oleh para pemimpin.

Baca Juga: Dijadikan Bahasan di G7, Tiongkok Layangkan Kritik ke Joe Biden Dkk

4. Apakah G7 memiliki kekuatan?

Sedang Jadi Perhatian Dunia, Apa Itu Pertemuan G7?Manatan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, mengikuti sidang kerja KTT G7 2019 di Prancis. ANTARA FOTO/Ian Langsdon/Pool via REUTERS

Meski jadi perhatian dunia, G7 tidak dapat mengesahkan undang-undang apa pun karena terdiri dari negara-negara yang terpisah dengan proses demokrasi mereka sendiri.

Namun, beberapa keputusan dapat memiliki efek global.

Misalnya, G7 memainkan peran penting dalam menyiapkan dana global untuk memerangi malaria dan AIDS pada tahun 2002.

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya