Comscore Tracker

Yunani Tetapkan Denda Bulanan untuk Lansia yang Tolak Vaksin

Denda yang diberlakukan sebesar 100 euro per bulannya

Jakarta, IDN Times – Yunani pada Selasa (30/11/2021) mengumumkan akan mewajibkan vaksinasi bagi orang-orang usia lanjut mulai pertengahan Januari nanti. Upaya ini dilakukan untuk menekan jumlah infeksi virus corona di negara itu.

Dalam pengumuman pada Selasa, Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengatakan warga yang berusia 60 tahun atau lebih yang tidak divaksinasi dosis pertama hingga 16 Januari akan dijatuhi denda bulanan sebesar 100 euro atau sekitar Rp1,6 juta. Menurut CNBC, uang denda itu akan digunakan untuk sistem kesehatan Yunani.

“Itu bukan hukuman. Ini adalah harga kesehatan, tetapi juga tindakan keadilan terhadap yang paling banyak divaksinasi,” kata Mitsotakis melalui Twitter, Selasa.

Baca Juga: Pakar Imunologi Unair: Hadapi Omicron dengan Prokes, Vaksin, dan Imun

1. Kasus COVID-19 Yunani

Yunani Tetapkan Denda Bulanan untuk Lansia yang Tolak Vaksinilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Yunani melaporkan 7.720 kasus baru pada Selasa, turun dari rekor tertinggi 8.969 pada 9 November, menurut data dari Universitas Johns Hopkins.

Namun, pihak berwenang khawatir infeksi meningkat lebih lanjut menjelang dan selama liburan Natal. Untuk menghindari ini, mereka juga akan meningkatkan kapasitas pengujian.

Baca Juga: Yunani-AS Perbarui Kerja Sama Pertahanan

2. Total warga yang sudah divaksinasi

Yunani Tetapkan Denda Bulanan untuk Lansia yang Tolak VaksinSeorang dokter dan perawat berbicara dengan seorang wanita tua setelah dia menerima vaksin melawan virus corona (COVID-19) di rumah sakit Evangelismos, saat vaksinasi masyarakat umum dimulai, di Athena, Yunani, Sabtu (16//1/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Alkis Konstantinidis)

Terhitung per Selasa, sekitar 62 persen dari populasi Yunani telah divaksinasi penuh terhadap virus corona. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Eropa, angka ini di bawah rata-rata negara Uni Eropa yang sebesar 66 persen.

Namun, data dari kementerian kesehatan menunjukkan bahwa sekitar 520 ribu orang di atas usia 60 tahun sejauh ini belum mendapatkan suntikan. Yunani memiliki populasi sekitar 11 juta jiwa.

Baca Juga: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sleman Baru Dilaksanakan Januari 2022

3. Jerman mempertimbangkan vaksinasi wajib

Yunani Tetapkan Denda Bulanan untuk Lansia yang Tolak VaksinMenteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas (kiri), dan Menteri Luar Negeri Yunani, Nikos Dendias (kanan), bertemu di Yunani membahas perselisihan Laut Mediterania Timur, pada 25 Agustus 2020. twitter.com/GreeceMFA

Pengumuman Yunani datang pada saat negara-negara Eropa lainnya juga mempertimbangkan vaksinasi wajib. Kanselir Jerman yang ditunjuk Olaf Scholz mengatakan pada Selasa bahwa dia ingin mewajibkan vaksinasi dalam waktu dekat.

“Jadi saya sarankan awal Februari atau Maret,” katanya dalam sebuah wawancara, dikutip daro Deutsche Welle.

Sebelumnya beberapa negara Eropa, seperti Prancis dan Italia, telah mewajibkan vaksinasi bagi profesional kesehatan. Di sisi lain, Kanselir Austria Alexander Schallenberg awal bulan ini telah mengumumkan bahwa vaksinasi COVID-19 akan menjadi wajib di negaranya mulai 1 Februari.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya