Aman Gak Liburan ke Polandia di Tengah Perang Rusia-Ukraina?

Yuk jalan-jalan ke Polandia!

Warsawa, IDN Times - Perang antara Rusia dan Ukraina telah memberikan kekhawatiran tersendiri untuk masyarakat, terutama bagi mereka yang hendak berwisata ke Eropa di dekat dua negara tersebut.

Polandia merupakan salah satu negara yang berbatasan langsung dengan Ukraina dan Belarus, dua negara yang paling banyak terlibat dalam agresi Rusia. Sehingga, negara ini mendapat perhatian khusus dari para pelancong. 

Jika melalui lewat jalur udara, Polandia-Ukraina dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 1 jam. Sementara itu, Ukraina bisa dicapai dari Polandia dalam waktu 12-15 jam.

Lantas, dengan begitu dekatnya Polandia dan Ukraina, apakah aman untuk berkunjung dan berwisata di negara asal Robert Lewandowski tersebut?

1. Aman gak sih ke Polandia di tengah perang Rusia-Ukraina?

Aman Gak Liburan ke Polandia di Tengah Perang Rusia-Ukraina?Old Town Warsaw di Polandia (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, IDN Times bertanya langsung kepada Adam Nitka, seorang warga Warsawa, ibu kota Polandia.

Menurut Adam, orang tidak perlu takut ke Polandia. Polandia merupakan negara yang sangat aman, terlepas dari kecamuk perang di negara tetangganya. 

"Berkunjung ke Polandia sangatlah aman karena memang Polandia tidak terlibat perang walaupun dekat dengan Ukraina. Ukraina lah yang terlibat perang, saya tahu mereka adalah tetangga kami, tetapi Polandia tetap merupakan negara yang sangat aman," ujar Adam kepada IDN Times, Minggu (23/7/2023).

Polandia, sambung Adam, telah menjadi bagian dari Aliansi NATO sehingga tidak akan terlibat apapun dalam perang kedua negara Eropa Timur tersebut.

Baca Juga: Eks Komandan Perang Rusia Ditahan karena Sebut Putin Akan Lengser

2. Tidak ada penerbangan ke Polandia yang melintasi Ukraina

Aman Gak Liburan ke Polandia di Tengah Perang Rusia-Ukraina?Old Town Warsaw di Polandia (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Keamanan juga terjamin untuk sektor penerbangan. Adam menuturkan, tidak ada penerbangan menuju Polandia dari manapun yang melintas di atas langit Ukraina.

Dengan begitu, para turis tidak perlu was-was ketika berada di dalam pesawat menuju Polandia.

Selain itu, Adam juga menegaskan tidak ada rudal atau misil yang beterbangan di Polandia. Hal itu dikatakan Adam untuk memperkuat bahwa perang memang hanya terjadi di Ukraina.

"Penerbangan ke Polandia juga tidak akan melintasi langit Ukraina. Saat ini tidak ada penerbangan yang melintasi Ukraina dan Rusia. Yang paling penting, supaya masyarakat Indonesia tahu di sini tidak ada misil yang beterbangan," ucap Adam.

3. Pengalaman berada di Polandia

Aman Gak Liburan ke Polandia di Tengah Perang Rusia-Ukraina?Istana Wilanow di Warsawa, Polandia (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

IDN Times berkesempatan mengunjungi Polandia selama sepekan berkat undangan dari Polish Tourism Organization (PTO). Dari pengalaman selama sepekan tersebut, apa yang dikatakan Adam memang benar.

IDN Times tidak merasakan atmosfer peperangan di Polandia. Sejuk dan tenang jadi awal impresi ketika menginjakkan kaki di Bandara Internasional Frédéric Chopin di Warsawa.

Polandia merupakan salah satu negara di Eropa yang tingkat keamanannya cukup baik. Banyak turis, baik lokal maupun asing yang berkunjung ke Polandia saat ini. Hal itu kebetulan berbarengan dengan waktu musim panas di Eropa.

Beberapa tempat bersejarah seperti Warsawa Old Town, Monumen Frédéric Chopin, Istana Winalow, dan Istana Malbrok banyak mendapatkan kunjungan saat ini.

Atas dasar itu, Adam yang juga pernah lama berada di Bali punya pesan khusus untuk masyarakat Indonesia.

"Ayo datang ke Polandia! Polandia negara yang sangat indah dan aman. Kita punya masyarakat yang ramah di sini dan silakan datang menikmati indahnya Polandia," kata Adam.

Baca Juga: Putin Ancam Polandia: Agresi Belarus Sama Saja Memerangi Rusia

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya