Buntut Kerja Sama AS-Korsel, Adik Kim Jong-un Sebut Joe Biden Pikun

Korut siap bertindak melawan AS dan Korsel

Jakarta, IDN Times - Adik Kim Jong-un yakni Kim Yo Jong, secara terbuka menyebut Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, sebagai orang pikun. Dia juga menyebut presiden AS ke-46 itu terlalu berani dan salah perhitungan.

Ucapan itu dikeluarkan Kim Yo Jong sebagai buntut penandatanganan kerja sama terbaru perihal kesepakatan soal nuklir baru antara AS dan Korea Selatan (Korsel).

Sejak awal 2022, Korea Utara telah melakukan uji tembak sekitar 100 rudal, termasuk beberapa demonstrasi rudal balistik antarbenua yang dirancang untuk mencapai daratan AS dan serangkaian peluncuran jarak pendek yang digambarkan Korea Utara sebagai simulasi serangan nuklir di Korea Selatan.

Biden pun menyatakan, agresi nuklir Korea Utara bisa membuat rezim Kim Jong-un selesai dan hal itu kemudian dikecam oleh Kim Yo Jong.

"Meskipun kami menganggap ekspresi ini secara pribadi digunakan oleh Presiden AS, musuh kami paling agresif, itu adalah retorika yang mengancam. Dia harus bersiap menghadapi badai sangat hebat," kata Kim Yo Jong, dikutip NBC News, Selasa (2/5/2023).

1. Korea Utara tidak akan tinggal diam

Buntut Kerja Sama AS-Korsel, Adik Kim Jong-un Sebut Joe Biden PikunKim Yo-jong yang merupakan adik dari Pemimpin Korut, Kim Jong-un. twitter.com/NorthKoreaFirst

Kim Yo Jong juga menegaskan, Pyongyang siap melakukan tindakan lebih provokatif lagi guna merespons kesepakatan antara kedua negara tersebut.

Kendati begitu, dalam laporan KCNA, Kim Yo Jong tidak merinci langkah apa yang akan diambil Korut guna menanggapi perjanjian tersebut.

"Semakin banyak musuh yang mati-matian melakukan latihan perang nuklir dan semakin banyak aset nuklir yang mereka sebarkan di sekitar semenanjung Korea, semakin kuat pelaksanaan hak kami untuk membela diri akan menjadi berbanding lurus dengan mereka," kata Kim Yo Jong.

Baca Juga: AS Akan Tembak Jatuh Rudal Korut, Kim Yo Jong: Itu Deklarasi Perang!

2. Kim Yo Jong sebut Presiden Korsel bodoh

Buntut Kerja Sama AS-Korsel, Adik Kim Jong-un Sebut Joe Biden PikunPresiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol saat menyaksikan peluncuran roket Nuri dari kantornya di Seoul pada Selasa (21/6/2022) waktu setempat. (instagram.com/sukyeol.yoon)

Selain itu, Kim Yo Jong juga secara gamblang menyebut Yoon Suk Yeol selaku Presiden Korsel bodoh, lantaran mau bekerja sama dengan AS.

Menurutnya, Yoon yang ingin memperkuat pertahanan Korsel terlalu percaya dengan iming-iming janji manis dari Biden.

Kim Yo Jong menilai, perjanjian AS-Korsel hanya akan memicu bahaya yang lebih serius terhadap perdamaian dan keamanan di Asia Timur Laut maupun dunia. Dia mengatakan kesepakatan itu tidak akan pernah bisa diterima Pyongyang.

3. Kapal selam bersenjata nuklir milik AS dapat berkunjung ke pelabuhan Korsel

Buntut Kerja Sama AS-Korsel, Adik Kim Jong-un Sebut Joe Biden PikunKapal selam bertenaga nuklir milik Angkatan Laut AS, USS San Juan. twitter.com/USNavy

Sebelumnya, Presiden Korsel Yoon Suk Yeol dan Biden mengumumkan kesepakatan yang membuat Washington meningkatkan pertahanannya untuk Seoul. Hal itu sebagai respons menanggapi ancaman nuklir Pyongyang.

Dilansir Bangkok Post, seorang pejabat Washington mengatakan, perjanjian itu bisa membuat AS memposisikan aset strategisnya di Korsel. Itu termasuk diperbolehkannya kapal selam bersenjata nuklir Washington berkunjung ke pelabuhan Seoul pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Terlepas dari kesepakatan tersebut, AS disebut tidak berencana untuk menempatkan senjata nuklirnya di Korsel.

Baca Juga: Kim Yo Jong Ingatkan Biden untuk Tidak Buat Masalah Baru

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya