Gelombang Kekerasan Tak Kunjung Usai, Perdana Menteri Israel Ajak Palestina Berunding

Palestina dan Israel, please berdamailah...

Gelombang kekerasan antara Palestina dan Israel yang tak kunjung usai membuat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memutuskan untuk mengajak Palestina berunding.

Gelombang Kekerasan Tak Kunjung Usai, Perdana Menteri Israel Ajak Palestina BerundingSumber Gambar: bbc.com

Netanyahu berharap ajakannya ini akan diterima oleh pihak Palestina. Dia berharap dengan adanya pertemuan dari kedua kubu akan memberikan manfaat signifikan terhadap pertikaian yang terjadi selama ini.

Gelombang Kekerasan Tak Kunjung Usai, Perdana Menteri Israel Ajak Palestina BerundingSumber Gambar: merdeka.com

Saling serang antar kedua kubu yang terus berlangsung hampir setiap hari ini membuat tujuh warga Israel tewas, dan beberapa orang terluka. Bahkan 30 warga Palestina dinyatakan tewas akibat kekerasan yang terjadi baru-baru ini.

Apa Sebenarnya Penyebab Bentrokan Tersebut?

Ada tiga hal yang memperparah bentrokan antara kedua kubu, yaitu serangkaian peristiwa penikaman warga, perseteruan di Yerusalem, dan serangan yang dilancarkan oleh pihak Israel di perbatasan Giza beberapa waktu lalu.

Sayangnya, pihak Palestina agak susah untuk diajak berunding. Mereka menyatakan tidak akan mau diajak berunding lagi, kecuali jika Israel menghentikan pembangunan pemukiman di Yerusalem timur.

Gelombang Kekerasan Tak Kunjung Usai, Perdana Menteri Israel Ajak Palestina BerundingSumber Gambar: lintas.me

Selain itu, Mahmoud Abbas, Petinggi dari Palestina masih tidak terima dan menuduh Israel menggunakan kekuatannya terlalu berlebihan pada warga Palestina.

Jika Palestina menolak berunding dengan Israel, artinya perseteruan ini akan masih terus berlanjut dalam beberapa hari kedepan.

Topik:

Berita Terkini Lainnya