Dukung Elon Musk, Trump Ingin California Izinkan Tesla Beroperasi Lagi

Pakar kesehatan ingatkan agar pemerintah tak buru-buru

Washington DC, IDN Times - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendorong pemerintah negara bagian California, untuk mengizinkan pabrik Tesla kembali beroperasi. Ini merupakan dukungan Trump terhadap pemilik produsen mobil sekaligus miliarder negeri Paman Sam, Elon Musk, yang dalam beberapa hari terakhir memprotes kebijakan pemerintah.

Pabrik Tesla yang berlokasi di Fremont, Alameda County, California, sejak akhir Maret lalu, sebagian besar operasional pabrik dihentikan, akibat pemerintah daerah Alameda memberlakukan aturan untuk menekan laju penyebaran virus corona. Larangan operasional bisnis yang dianggap 'non-esensial' berlanjut hingga Juni.

1. Trump dan salah satu menterinya mendukung Musk

Dukung Elon Musk, Trump Ingin California Izinkan Tesla Beroperasi LagiPresiden Amerika Serikat Donald Trump saat ia meninggalkan Rose Garden di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, pada 7 Mei 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner

Trump mengungkapkan dukungannya kepada Musk melalui Twitter. "California seharusnya membiarkan Tesla & @elonmusk membuka pabrik, sekarang. Itu bisa dilakukan dengan Cepat & Aman!" tulis dia. Trump bukan satu-satunya bagian pemerintah federal yang berada di pihak Musk.

Dalam wawancara dengan CNBC, Menteri Keuangan Steven Mnuchin menyebut Musk punya kontribusi besar terhadap perekonomian California, sehingga mengindikasikan bahwa karena inilah seharusnya pemerintah setempat tidak melarang Tesla beroperasi lagi.

"Dia merupakan salah satu pengusaha dan bos manufaktur terbesar di California, dan California semestinya memprioritaskan untuk melakukan apa saja yang mereka butuhkan guna menyelesaikan masalah-masalah kesehatan itu, agar dia bisa buka secepatnya atau mereka akan menemukan, seperti ancamannya, dia akan memindahkan produksinya ke negara bagian lain," kata Mnuchin.

Dukung Elon Musk, Trump Ingin California Izinkan Tesla Beroperasi LagiYang perlu kamu perhatikan jika terpaksa keluar dari rumah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Baca Juga: [LINIMASA-2] Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di Indonesia

2. Penasihat penyakit menular Gedung Putih mengingatkan risiko sikap terburu-buru

Dukung Elon Musk, Trump Ingin California Izinkan Tesla Beroperasi LagiCEO Tesla Elon Musk. Foto diambil dari media sosial. instagram.com/elonmusk

Namun, pandangan Trump tersebut berbanding terbalik dengan Dr Anthony Fauci. Pakar medis yang bergabung dalam gugus tugas COVID-19 Amerika Serikat tersebut, mengingatkan konsekuensi buruk yang akan terjadi bila pemerintah kota maupun negara bagian, terburu-buru ingin kembali ke situasi normal.

Peringatan itu disampaikan Fauci lewat konferensi video dengan para anggota Senat pada Selasa (12/5) waktu setempat. Menurut Fauci, pembukaan bisnis dan aktivitas lainnya saat pandemik virus corona masih berlangsung, harus mempertimbangkan kapabilitas untuk menangani munculnya kasus. 

"Ada risiko nyata bahwa Anda akan memicu suatu wabah yang mungkin tak bisa Anda kendalikan, yang faktanya, secara paradoks, akan membuat Anda mengalami kemunduran. Ini tak hanya akan berakibat pada munculnya penderitaan dan kematian yang bisa dihindari, tapi bahkan berpotensi membuat Anda berjalan mundur dari upaya untuk memperbaiki perekonomian," kata Fauci, seperti dikutip CNN.

3. Pemerintah Alameda menginstruksikan Tesla menghentikan produksi minggu ini

Dukung Elon Musk, Trump Ingin California Izinkan Tesla Beroperasi LagiPresiden Amerika Serikat Donald Trump bersama Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Dr. Anthony Fauci saat konferensi pers harian gugus tugas virus corona di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, pada 17 April 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Sementara, Musk tidak peduli terhadap larangan pemerintah. Ia mengungkapkan pabriknya kembali beroperasi pada Senin (11/5). "Tesla mulai produksi lagi hari ini, berlawanan dengan aturan-aturan daerah Alameda," tulis Musk di media sosial. "Jika ada siapa pun yang ditangkap, saya minta hanya saya saja," imbuh dia.

Pengusaha yang lahir di Afrika Selatan itu menuding pemerintah Alameda mengambil langkah ilegal, dengan memaksa produsen mobil itu berhenti beroperasi. Pada akhir pekan kemarin, Musk menggugat pemerintah Alameda dan mengancam akan memindahkan operasional Tesla ke negara bagian lain. 

Sedangkan, menurut laporan The San Francisco Chronicles, sehari setelah operasional pabrik kembali berlangsung, pemerintah Alameda menginstruksikan Tesla menghentikan operasionalnya. Situasi kesehatan di daerah itu dinyatakan belum aman dari virus corona, sehingga bisnis yang tak menyediakan kebutuhan dasar harus tutup sementara.

https://www.youtube.com/embed/cAOQYflb05U

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Kematian Akibat COVID-19 di Dunia Mencapai 293.424

Topik:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya