KFC di China Resmikan Gerai Bertema Tokoh Komunis Terkenal

Mao Zedong dikabarkan pernah mengidolakan karakternya

Beijing, IDN Times - Jaringan restoran cepat saji asal Amerika Serikat, KFC, mengambil langkah mengejutkan saat mendedikasikan salah satu gerai mereka di Changsa, Provinsi Hunan, China, untuk mengingat sekaligus menghormati salah seorang tokoh komunis China bernama Lei Feng.

Xinhua melaporkan bentuk penghormatan KFC terhadap Lei Feng diekspresikan dengan menghiasi dinding gerai tersebut dengan kalimat-kalimat yang diambil dari buku harian Lei serta kartun-kartun tentangnya. Gerai itu sendiri dibuka pada Selasa (5/3).

1. Tanggal 5 Maret diperingati sebagai Hari Lei Feng

KFC di China Resmikan Gerai Bertema Tokoh Komunis Terkenalunsplash.com/Maxime Lebrun

Keputusan untuk meresmikan gerai bernuansa Lei tersebut bukan tanpa alasan. Changsa disebut sebagai kampung halaman Lei. Sementara pada 1963, Chairman Partai Komunis Cina Mao Zedong menjadikan tanggal 5 Maret sebagai "Hari Lei Feng".

Pembukaan gerai bernuansa kehidupan Lei pun dilaporkan menarik minat warga yang kemudian datang dan mengambil foto. Mereka juga disebut bergabung dengan sejumlah kegiatan lain yang diadakan khusus untuk mengingat Lei, termasuk acara dongeng.

"Lei Feng selama ini menjadi tokoh yang diidolakan oleh beberapa generasi. Sebagai gerai yang berada di kota ia berasal, kami berusaha keras untuk mempromosikan semangatnya," ujar He Min yang merupakan manajer KFC di area tersebut.

Baca Juga: 7 Inovasi Menu Unik KFC di Berbagai Negara, Enak Mana Sama Indonesia?

2. Ide ini akan disebar di ratusan gerai KFC lainnya

KFC di China Resmikan Gerai Bertema Tokoh Komunis Terkenalunsplash.com/Aleks Dorohovi

Tak hanya di Changsa, He Min juga mengatakan bahwa ide untuk menyebarluaskan semangat Lei akan ditularkan ke lebih dari 250 gerai KFC di Provinsi Hunan. Dengan begini, kata He Min, manajemen akan mendorong para staf agar belajar dari Lei.

Masyarakat China sendiri sangat familiar dengan cerita hidup Lei. Dikisahkan ia adalah seorang tentara komunis yang semasa kecilnya hidup dalam kesusahan. Namun, ia dikenal sebagai orang yang selalu ringan tangan. Setiap tanggal 5 Maret, para siswa diwajibkan untuk melakukan sejumlah aktivitas mulai dari kerja bakti sampai menolong orang tua.

3. Buku harian Lei yang disebut membuatnya menjadi sosok penting bagi Partai Komunis

KFC di China Resmikan Gerai Bertema Tokoh Komunis Terkenalunsplash.com/Wu Yi

Walau namanya sangat dikenal di seantero China, tapi menurut kabar, banyak yang meragukan keberadaan sebenarnya dari Lei. Pasalnya, tak sedikit yang menyebut tak ada orang mengaku pernah mengenalnya selama hidup. Alhasil, bagi orang luar, Lei seperti tokoh yang hampir bersifat mistis.

Nama Lei dikenal berkat buku harian yang katanya ditemukan usai ia meninggal pada usia 22 tahun. Menurut cerita, Lei tewas karena tertimpa tiang telepon saat bertugas. Dalam buku hariannya, Lei mengungkapkan kecintaannya kepada Partai Komunis dan Mao. "Orangtua mengasihi anak-anak mereka, tapi mereka tak bisa dibandingkan dengan Chairman Mao," tulis Lei.

4. KFC kerap jadi target protes karena dianggap sebagai representasi Amerika Serikat

KFC di China Resmikan Gerai Bertema Tokoh Komunis Terkenalunsplash.com/James Coleman

Langkah KFC untuk mengangkat nama Lei pun patut diduga sebagai bagian dari usaha meredam sentimen negatif terhadap restoran cepat saji itu. Dilansir BBC, berbagai gerai KFC di Cina pernah menjadi sasaran protes warga pertengahan 2016.

Ini terjadi usai pengadilan arbitrase di Hague, Belanda, menolak klaim Cina terhadap Laut Cina Selatan. KFC, yang dipandang sebagai simbol Amerika Serikat, digeruduk oleh massa yang membentangkan spanduk bertuliskan "Keluarlah dari Cina".

Baca Juga: Hanya karena KFC Tutup, Pria Ini Bikin Repot Polisi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya