Menteri Kesehatan Inggris Positif Terjangkit Virus Corona

Muncul kekhawatiran virus sudah menyebar di kalangan pejabat

London, IDN Times - Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries, dinyatakan positif terinfeksi virus corona baru atau COVID-19 pada Selasa (10/3). Dikutip dari BBC, politisi Partai Konservatif tersebut adalah anggota kabinet Boris Johnson pertama yang didiagnosis mempunyai asal Wuhan, Tiongkok, tersebut.

Dorries dilaporkan langsung mengikuti sejumlah panduan medis untuk mencegah penyebaran, termasuk dengan mengarantina diri sendiri di rumah sejak Jumat (6/3). Hingga Rabu (11/3), Inggris melaporkan ada 382 kasus dan 6 kematian akibat COVID-19.

1. Muncul kekhawatiran virus sudah menyebar di Westminster

Menteri Kesehatan Inggris Positif Terjangkit Virus CoronaMenteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries. YouTube.com/5News

Dalam sebuah pernyataan resmi, Dorries mengatakan, "Saya bisa mengonfirmasi bahwa saya telah dinyatakan positif virus corona. Begitu saya mendapatkan informasi itu, saya mengambil semua langkah pencegahan yang disarankan dan mengisolasi diri di rumah."

The Guardian melaporkan hasil diagnosis Dorries memunculkan kekhawatiran soal kemungkinan virus sudah menyebar di Westminster, kawasan di London, tempat para anggota parlemen berkantor dan sejumlah gedung kementerian berlokasi.

Minggu lalu, Dorries menghadiri acara di Downing Street untuk memperingati Hari Perempuan Internasional. Acara tersebut turut dihadiri sejumlah pejabat pemerintah Inggris, termasuk Perdana Menteri Boris Johnson dan tunangannya, Carrie Symonds, yang tengah mengandung anak pertama.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

2. Gejala pada Dorries pertama kali terlihat pada minggu lalu

Menteri Kesehatan Inggris Positif Terjangkit Virus CoronaPerdana Menteri Inggris Boris Johnson dengan partnernya Carrie Symonds terlihat sebelum pertandingan antara England melawan Wales dalam Six Nations Championship di Twickenham Stadium, London, Inggris, pada 7 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville

Departemen Kesehatan Inggris mengungkap Dorries pertama kali memperlihatkan gejala-gejala terinfeksi COVID-19 pada Kamis (5/3) pekan lalu. Pada hari yang sama itu, acara di Downing Street digelar. Semua otoritas kesehatan dan pejabat lain yang melakukan kontak dengan Dorries sedang menjalani tes.

Hanya saja tidak diketahui apakah Boris termasuk salah satunya. Belum jelas juga ada berapa banyak pertemuan yang sudah dihadiri oleh Dorries sejak minggu lalu. Ia mengatakan pihaknya sedang melacak orang-orang yang pernah kontak dengan dirinya.

3. Dorries khawatir terhadap kondisi ibunya yang berpotensi tertular

Melalui twit di akun Twitter resminya, Dorries mengucapkan terima kasih kepada yang sudah mendoakan, tapi mengaku khawatir terhadap ibunya yang sudah tua.

"Terima kasih atas doa-doanya. [Situasinya ] cukup tidak menyenangkan tapi saya berharap sudah melalui yang terburuk sekarang," tulisnya.

"[Saya] lebih khawatir terhadap ibu saya yang berusia 84 tahun yang tinggal bersama saya dan mulai batuk pada hari ini. Dia akan menjalani tes besok. Tetap jaga diri dan cuci tangan ya, semuanya," tambah Dorries.

Baca Juga: Manchester City vs Arsenal Ditunda karena Virus Corona!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya