Jelang Peringatan Tiananmen, Taiwan Desak Tiongkok Minta Maaf

Tiongkok dianggap membungkam suara rakyat

Jakarta, IDN Times - Jelang peringatan peristiwan Tiananmen yang akan jatuh pada Jumat (4/6/2021), Taiwan ingin agar Tiongkok mau mengakui kesalahan dan meminta maaf atas kesalahan yang mereka lakukan 32 tahun lalu.

Dalam keterangan resminya, pemerintah Taiwan menyebut bahwa Tiongkok menghindari untuk meminta maaf atas peristiwa yang terjadi pada 1989 tersebut. Mereka pun meminta agar Tiongkok mengembalikan kekuasaan kepada rakyat.

"Kami menyatakan penyesalan, dan menyerukan kepada pihak lain (Tiongkok) untuk menerapkan reformasi politik yang berpusat pada rakyat, berhenti menekan tuntutan demokrasi rakyat, dan mengembalikan kekuasaan pada rakyat sesegera mungkin," tulis pemerintah Taiwan, dilansir ANTARA, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga: Diperkirakan 10.000 Orang Tewas di Pembantaian Tiananmen, Tiongkok

1. Dewan rakyat Taiwan sebut Tiongkok lakukan penindasan

Jelang Peringatan Tiananmen, Taiwan Desak Tiongkok Minta MaafPresiden Taiwan Tsai Ing-wen memberi pidato dalam sebuah upacara kenegaraan pada 10 September 2020. (Facebook.com/蔡英文 Tsai Ing-wen)

Dewan perwakilan rakyat Taiwan juga turut bersuara jelang peringatan peristiwan Tiananmen ini, Menurut mereka, penindasan yang sudah terjadi di Tiongkok dan juga Hong Kong telah menyimpang dari nilai-nilai universal dan aturan nasional.

"Mereka tidak hanya memperdalam kontradiksi sosial yang mendalam di masyarakat mereka sendiri, meningkatkan kesulitan reformasi sistemik, tetapi juga menciptakan risiko konflik, yang memengaruhi keamanan dan stabilitas nasional," ujar pernyataan dewan rakyat Taiwan.

2. Taiwan berulang kali kritik Tiongkok jelang peringatan Tiananmen

Jelang Peringatan Tiananmen, Taiwan Desak Tiongkok Minta MaafPresiden Republik Taiwan, Tsai Ing-wen, berada di salah satu dari empat kapal selam buatan asing yang dimiliki AL Taiwan. twitter.com/IISS_org

Selama ini, Taiwan memang rajin mengkritik Tiongkok jelang peringatan peristiwa Tiananmen. Mereka meminta Tiongkok untuk mengakui kesalahan yang sudah mereka lakukan di masa lampau.

Sikap Taiwan ini pun membuat Tiongkok kesal. Apalagi, secara wilayah, Tiongkok mengeklaim bahwa wilayah Taiwan ini adalah wilayah mereka, dan mereka bisa mengambil paksa wilayah ini jika dirasa perlu. Ditambah lagi, pandemik COVID-19 semakin merusak hubungan Taiwan-Tiongkok.

Baca Juga: Taiwan Sebut Ini yang Jadi Alasan Tiongkok Mencuri Teknologi dan Bakat

3. Taiwan akan peringati peristiwa Tiananmen

Jelang Peringatan Tiananmen, Taiwan Desak Tiongkok Minta MaafIlustrasi (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

Pada Jumat (4/6/2021) mendatang, para aktivis di Taiwan akan mengadakan peringatan peristiwa penembakan yang terjadi di Lapangan Tiananmen, 1989 silam. Pada hari itu, para demonstran pro demokrasi di Beijing dibredel peluru oleh pasukan pemerintah Tiongkok.

Rencananya, tahun ini, para aktivis di Taiwan akan memperingati peristiwa Tiananmen ini dengan melakukan satu acara publik. Kendati begitu, diprediksi jumlah peserta yang ikut akan jauh berkurang, seiring terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Taiwan.

Baca Juga: Hadapi Agresivitas Tiongkok, Taiwan Produksi Massal Rudal Jarak Jauh

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya