Jembatan Gujarat Ambruk, Perdana Menteri India Perintahkan Evakuasi

Ratusan orang jatuh ke sungai dan banyak yang bergelantungan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah India segera mengambil tindakan atas insiden jembatan ambruk di Morbi, Gujarat, Minggu (30/10/2022). Perdana Menteri India, Narendra Modi, langsung memerintahkan otoritas setempat untuk melakukan evakuasi korban.

"Perdana Menteri memerintahkan mobilisasi segera untuk evakuasi korban dan meminta agar situasi di sekitar area tragedi dimonitor secara berkala," ujar pernyataan resmi Perdana Menteri, dilansir Times of India.

Keinginan dari PM India ini langsung diproses oleh pemerintah daerah Gujarat. Wali Kota Gujarat, Bhupendra Patel, langsung memerintahkan otoritas keamanan dan kesehatan setempat untuk melakukan tindakan search and rescue (SAR).

"Saya benar-benar bersedih atas tragedi yang terjadi di Morbi. Tim penyelamat sudah melakukan operasi penyelamatan, dan tim kesehatan juga sudah melakukan perawatan bagi para korban," ujar Bhupendra.

Sejauh ini, 68 orang dinyatakan meninggal dunia dalam insiden ini. Ratusan orang jatuh ke sungai ketika jembatan yang berlokasi di Gujarat tersebut ambruk. Banyak juga orang-orang yang bergelantungan di kabel jembatan saat posisi jembatan sudah ambruk.

Jembatan sepanjang 230 meter itu baru dibuka pekan lalu, setelah sebelumnya direnovasi selama enam bulan, tulis The Guardian. Jembatan itu dibangun di era pemerintahan Inggris pada abad ke-19.

Baca Juga: Jembatan Baru Selesai Renovasi Ambruk, Wapres India Sampaikan Duka

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya