Perempuan di Taiwan Tewas Tertimpa AC Seberat 30 Kilogram

AC terjatuh dari lantai 17 dan menimpa perempuan itu

Jakarta, IDN Times - Seorang perempuan yang sedang menunggu bus di halte di New Taipei City, Taiwan, tertimpa AC yang jatuh dari lantai 17 sebuah gedung pada Kamis (20/7/2023). Perempuan tersebut mengalami luka-luka dan sempat mendapatkan perawatan darurat tetapi dinyatakan meninggal dunia saat sudah sampai rumah sakit.

Dilansir Taiwan News, insiden itu terjadi di halte bus dekat pintu keluar 2 stasiun MRT Xinpu di Jalan Minsheng, Distrik Banqiao sekitar pukul 1 siang waktu setempat, lapor United Daily News

Korban merupakan seorang mahasiswa bermarga Huang yang berusia 21 tahun. Dia menderita luka besar di kepala, patah tulang di kaki, dan tidak sadarkan diri saat dibawa ke ruang gawat darurat rumah sakit Far Eastern Memorial.

Baca Juga: Taiwan Deteksi Kehadiran 2 Kapal Fregat Rusia

1. Kronologi kejadian

Dilansir The Straits Times, sebuah video yang beredar di forum online memperlihatkan perempuan berpakaian santai, mengenakan masker, dan membawa ransel sedang berjalan pelan menuju halte bus pada pukul 13.06.

Beberapa detik kemudian, dia dikejutkan dengan AC yang jatuh di atasnya. Sebelumnya, AC tersebut hampir meleset ke perempuan lain yang sepertinya sedang mendekati Huang tetapi langsung menjauh sebelum AC berhasil mendarat ke bawah. AC akhirnya jatuh tepat mengenai Huang dan membuatnya mengalami luka serius di kepala dan kakinya. 

Baca Juga: Filipina Waspadai Serangan China ke Taiwan

2. Tiga perawat yang lewat memberi bantuan sebelum ambulans tiba

Perempuan di Taiwan Tewas Tertimpa AC Seberat 30 KilogramIlustrasi Taiwan (IDN Times/Vanny El Rahman)

Seorang saksi dari toko agen real estat terdekat menjelaskan bahwa ia menemukan korban tergeletak di tanah dekat AC yang sudah rusak dengan darah yang mengalir dari kepalanya. 

Saksi itu langsung menelpon layanan darurat untuk memanggil ambulans ke lokasi kejadian. Tiga perawat yang kebetuan lewat memberikan bantuan kepada korban hingga ambulans tiba.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan jika Huang tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan ketika mereka tiba di tempat kejadian. Huang lalu dilarikan ke rumah sakit Far Eastern Memorial untuk mendapatkan perawatan dari dokter. Akan tetapi, Huang dinyatakan meninggal dunia sesaat setelah sampai di rumah sakit.

3. Polisi menahan pekerja yang sedang memasang AC

Perempuan di Taiwan Tewas Tertimpa AC Seberat 30 Kilogramilustrasi penjara (unsplash.com/Emiliano Bar)

Polisi Haishan mengatakan telah dilaporkan kejadian tersebut pada pukul 13.11 waktu setempat oleh seorang warga. Polisi telah menahan pekerja yang sedang memasang AC saat kecelakaan terjadi.

Pekerja tersebut kemudian diserahkan pada jaksa atas tuduhan pembunuhan. Investigasi awal polisi menunjukkan bahwa kecerobohan pekerja mungkin menjadi penyebab kecelakaan.

Sementara itu, Departemen Urusan Tenaga Kerja New Taipei mengatakan mereka telah mengirim petugas inspeksi tenaga kerja untuk menyelidiki penyebab kecelakaan terjadi. Ia lalu menambahkan bahwa semua pekerjaan pemasangan di lokasi tersebut telah dihentikan.

“Atas kejadian ini, majikan pekerja yang memasang AC dapat menghadapi denda hingga 9.648 dollar Amerika. Denda ini sudah sesuai dengan isi dari Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja jika peraturan keselamatan dilanggar selama proses pemasangan,” kata departemen tersebut, dikutip dari Focus Taiwan.

Baca Juga: Capres Unggulan Taiwan Janji Bisa Jaga Perdamaian dengan China

Sanggar Sukma Photo Verified Writer Sanggar Sukma

Mahasiswi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya