[FOTO] WNI Bisa Kembali Umrah di Tengah Pandemik COVID-19

Jumlah calon jemaah yang boleh umrah hanya 10 ribu per hari

Jakarta, IDN Times - Mulai Minggu, 1 November 2020 lalu, Arab Saudi kembali membuka pintu bagi warga asing untuk menunaikan ibadah umrah. Saudi membuka pintu bagi calon jemaah warga asing setelah absen selama tujuh bulan. Calon jemaah umrah yang diizinkan pertama masuk berasal dari dua negara yakni Pakistan dan Indonesia. 

Laman Arab News pada Minggu kemarin, melaporkan jumlah calon jemaah asal Indonesia yang tiba di Saudi mencapai 244 orang. Mereka tiba dengan penerbangan pukul 18:00 waktu setempat. Sebelumnya, 38 calon jemaah asal Pakistan sudah tiba lebih dulu yakni pukul 16:00. 

Lantaran ibadah dilakukan saat pandemik, maka Saudi memberlakukan penyesuaian dan aturan yang ketat. Salah satunya sebelum berangkat menuju ke Saudi, calon jemaah umrah wajib melakukan tes COVID-19 dan dinyatakan negatif. Wakil Menteri Haji Saudi, Amr Al-Maddah, mengatakan semua tahapan untuk bisa berangkat memang berjalan lamban, namun hal tersebut diperlukan agar tidak ada calon jemaah umrah yang tertular COVID-19. 

Stasiun berita Al Jazeera melaporkan per harinya Saudi hanya menerima sekitar 10 ribu calon jemaah umrah. Mereka boleh berada di sana hingga 10 hari. Selain itu, saat tiba di Saudi, maka calon jemaah umrah harus melakukan isolasi mandiri selama tiga hari. Ketika berada di Mekkah, calon jemaah umrah dilarang menyentuh Ka'bah. 

Jumlah calon jemaah umrah yang diizinkan menjejakan kaki di Saudi bertolak belakang dibandingkan tahun 2019. Tahun lalu, ada lebih dari 19 juta jemaah umrah. 

Munculnya pandemik menyebabkan target pemasukan keuangan bagi Saudi pada 2020 meleset. Padahal, Putra Mahkota Mohammed bin Salman berencana untuk meningkatkan jumlah calon jemaah umrah hingga 15 juta di tahun ini. Pria yang akrab disapa MBS itu berencana untuk mencari pemasukan keuangan lain, selain mengandalkan komoditas minyak. 

Berikut beberapa foto yang diabadikan dan menggambarkan proses umrah dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

1. Jemaah umrah beribadah salat di depan Ka'bah sesuai dengan urutan dan diberi jarak

[FOTO] WNI Bisa Kembali Umrah di Tengah Pandemik COVID-19Jemaah umrah beribadah di depan Ka'bah dengan urutan yang telah ditentukan (www.twitter.com/@HaramainInfo)

Baca Juga: Ini Alasan 43 Jemaah Umrah Indonesia Gagal Berangkat ke Arab Saudi

2. Selama menunaikan umrah, semua calon jemaah wajib mengenakan masker

[FOTO] WNI Bisa Kembali Umrah di Tengah Pandemik COVID-19Calon jemaah umrah wajib mengenakan masker selama beribadah (www.twitter.com/@HaramainInfo)

3. Saudi mengerahkan petugas keamanan untuk memastikan protokol kesehatan dipatuhi calon jemaah

[FOTO] WNI Bisa Kembali Umrah di Tengah Pandemik COVID-19Saudi menyiagakan petugas keamanan di titik Masjidil Haram dan Ka'bah (www.twitter.com/@HaramainInfo)

4. Calon jemaah diwajibkan mengikuti protokol kesehatan selama beribadah dan diawasi secara ketat

[FOTO] WNI Bisa Kembali Umrah di Tengah Pandemik COVID-19Petugas dikerahkan Kementerian Haji Saudi untuk mengawasi calon jemaah umrah (www.twitter.com/@HaramainInfo)

5. Situasi Bandara King Abdul Aziz di Jeddah ketika calon jemaah dari Indonesia dan Pakistan tiba

[FOTO] WNI Bisa Kembali Umrah di Tengah Pandemik COVID-19Situasi Bandara King Abdul Aziz di Jeddah (www.twitter.com/@HaramainInfo)

Baca Juga: Jemaah Umrah Indonesia yang Berangkat ke Saudi Didominasi Owner Travel

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya