Comscore Tracker

Hutan Nasional di California Dilalap Api, 51 Ribu Hektare Terbakar

Penyebab kebakaran hutan Klamath masih diselidiki

Jakarta, IDN Times - Kebakaran hutan yang hebat melanda bagian utara California, Amerika Serikat pada akhir pekan lalu. Api yang dikenal dengan nama api McKinney telah menghanguskan lebih dari 51 ribu hektare area hutan pada Minggu, 31 Juli 2022 lalu. Tidak ada satu pun api yang berhasil dipadamkan kemarin. 

Dikutip dari stasiun berita CNN International, Minggu kemarin, api McKinney mulai melalap area hutan nasional sejak Jumat pekan lalu. Titik api bermula di Kabupaten Siskiyou dekat perbatasan California-Oregon, sekitar empat jam dari utara Sacramento.

Pihak pengelola Hutan Nasional Klamath mengatakan masih menyelidiki penyebab kebakaran. Sementara, menurut data dari Biro Sensus AS, di area Siskiyou hanya dihuni oleh sekitar 44 ribu orang. 

Apakah ada korban dari kebakaran lahan yang sangat luas itu?

1. 60 orang yang masuk titik kebakaran hutan telah dievakuasi

Hutan Nasional di California Dilalap Api, 51 Ribu Hektare TerbakarANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Sementara, menurut kantor Sheriff Kabupaten Siskiyou pada Sabtu pekan lalu, pihaknya telah mengeluarkan perintah evakuasi wajib. Warga yang berada di titik zona evakuasi diminta untuk meninggalkan daerah tersebut.

Kantor Sheriff, Jackson, mengatakan sejauh ini sudah ada 60 orang yang dievakuasi dari Pacific Crest Trail pada hari Sabtu pekan lalu. Pacific Crest Trail diketahui membentang dari perbatasan Meksiko melalui California, Oregon, dan Washington ke Kanada. 

Badan layanan cuaca nasional California melaporkan tanda bendera merah telah dipasang. Artinya, kondisi kebakaran sudah berbahaya. Tanda itu mulai diberlakukan hingga Minggu malam kemarin. 

Petir yang menggelegar diprediksi akan terjadi pada hari ini. Selain itu, ada pula badai petir yang tersebar di beberapa daerah. Menurut badan layanan cuaca, badai petir itu bisa dapat membantu membuat penyebaran api lebih cepat. Tetapi, di sisi lain juga bisa menyebabkan cuaca yang basah dan hujan. 

Baca Juga: California: Kebakaran Hutan di Tengah Hujan dan Musim Dingin

2. Kantor gubernur nyatakan kebakaran di Hutan Nasional Klamath sebagai kondisi darurat

Hutan Nasional di California Dilalap Api, 51 Ribu Hektare TerbakarIlustrasi kebakaran rumah di negara bagian California pada 19 Agustus 2020 (ANTARA FOTO/REUTERS/Stephen Lam)

Sementara, petugas pemadam kebakaran terpaksa mengubah strategi mereka dalam memadamkan api. Semula, "dari upaya kontrol perimeter ofensif" ke postur defensif untuk membantu evakuasi Sabtu lalu. 

Di sisi lain, kantor gubernur memperingatkan agar evakuasi dilakukan ke lebih dari 200 penduduk. Sebab, selain kebakaran melanda Kabupaten Siskiyou, adapula kebakaran di area China 2 dan Evans. Dua kebakaran itu saja telah membakar lahan lebih dari 300 hektare. 

Kantor gubernur pun mendeklarasikan kondisi itu sebagai keadaan darurat. Dengan begitu, maka membuka peluang petugas pemadam kebakaran dari negara bagian lain untuk membantu memadamkan api. 

3. Api McKinney adalah kebakaran terbesar di wilayah California

Hutan Nasional di California Dilalap Api, 51 Ribu Hektare TerbakarIlustrasi kebakaran hutan dan lahan. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Sementara, menurut Dinas Kehutanan AS, kebakaran McKinney adalah peristiwa kebakaran hutan terbesar sepanjang tahun 2022 di California. Mereka mengaku khawatir badai petir dan kondisi panas berangin justru dapat menciptakan percikan api baru pada Minggu kemarin. Apalagi mereka tengah berusaha melindungi komunitas masyarakat terpencil. 

Juru bicara Dinas Kehutanan AS, Adrienne Freeman mengatakan kebakaran McKinney terjadi di luar prediksi. Kondisinya diprediksi bisa semakin parah dengan adanya badai petir. 

"Kondisi bisa semakin parah akibat petir, apalagi permukaan di sana (hutan) sangat kering. Apalagi akan disusul angin kencang sehingga berpotensi menyebarkan titik api," ungkap Freeman. 

Baca Juga: Langit di California bak Planet Mars gegara Kebakaran Hutan

Topic:

  • Rendra Saputra
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya