Comscore Tracker

Tertular COVID-19, Kondisi Mantan Wamenlu Dino Patti Djalal Membaik

Istri Dino, Rosa Rai Djalal dinyatakan negatif COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kondisi mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal, terus membaik setelah pada Rabu, 16 September 2020 lalu dinyatakan positif COVID-19. Menurut istri Dino, Rosa Rai Djalal, suaminya masih berada di ruang ICU namun kondisi imunitasnya terus meningkat. 

"Infeksinya (COVID-19) pun semakin menurun. Pak Dino sudah terlihat segar," kata Rosa melalui keterangan tertulis pada Senin (21/9/2020). 

Berdasarkan informasi yang diperoleh IDN Times, Dino tertular virus Sars-CoV-2 itu tak lama usai ayahnya, Hashim Djalal, dirawat karena penyakit yang sama. Namun, kondisi Hashim kini sudah pulih dan meninggalkan rumah sakit. 

Bagaimana kondisi anggota keluarga Dino yang lainnya? Apakah sang istri juga terpapar penyakit yang sama?

1. Kondisi pernapasan Dino Djalal sudah lebih baik dan menggunakan oksigen nasal

Tertular COVID-19, Kondisi Mantan Wamenlu Dino Patti Djalal MembaikEks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal (Instagram.com/dinopattidjalal)

Informasi yang diperoleh IDN Times, tes swab istri Dino, Rosa Rai dinyatakan negatif. Sementara, memasuki hari keenam kondisi Dino disebut Rosa terus membaik. Level oksigen di tubuhnya sudah aman dan stabil. 

"Itu ditandai Airvo yang dipasang ke Pak Dino sudah dilepas. Saat ini bapak hanya menggunakan nasal oksigen (selang oksigen di hidung) saja," kata Rosa dalam keterangan tertulis. 

Ia pun optimistis kondisi suaminya bisa terus membaik, hingga akhirnya pulih dan meninggalkan rumah sakit. 

"Terima kasih untuk doa dan harapan dari kawan-kawan, serta semua rekan media," ujarnya. 

Baca Juga: [BREAKING] Mantan Wamenlu Dino Patti Djalal Positif COVID-19

2. Sebelum dirawat karena COVID-19, Dino Djalal masih menjadi moderator diskusi soal pemilu AS

Tertular COVID-19, Kondisi Mantan Wamenlu Dino Patti Djalal MembaikEks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal (Instagram.com/dinopattidjalal)

Sebelum tertular COVID-19, Dino terlihat masih menjadi moderator untuk kegiatan diskusi virtual mengenai pemilu Amerika Serikat pada November 2020 dengan topik "America at The Crossroads 2020" pada 28 Agustus 2020 lalu. Tiga narasumber yang diundang berbicara langsung dari Negeri Paman Sam, termasuk ahli strategi untuk Partai Demokrat, Ameshia Cross. 

Salah satu isu yang dibahas dalam diskusi tersebut yakni mengenai situasi terkini di AS yang diwarnai oleh aksi unjuk rasa lalu berujung kericuhan serta penjarahan. Ini semua dipicu dari sikap polisi berkulit putih ketika menghadapi orang kulit hitam yang tersandung perkara hukum. 

"Banyak yang menitip pertanyaan ke saya untuk ditanyakan, apa yang sesungguhnya terjadi di AS? Mengapa ada begitu banyak tindak kekerasan yang dipicu sentimen rasis? Bukankah AS sudah jauh meninggalkan perilaku itu?" tanya Dino kepada para panelis di diskusinya. 

3. Dino dirawat intensif di ICU RSPAD Gatot Subroto

Tertular COVID-19, Kondisi Mantan Wamenlu Dino Patti Djalal MembaikEks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal (Instagram.com/dinopattidjalal)

Menurut informasi dari Sekretaris Eksekutif Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Mohamad Irfan, Dino kini masih dirawat di ruang ICU RSPAD Gatot Subroto. Ia menyampaikan Dino sudah mengalami gangguan pernafasan sejak 10 September 2020 lalu. 

"Doktor Dino mengharapkan doa dari semua sahabat agar cobaan ini dapat segera dilampaui. Beliau juga mengirim salam and all his love kepada semua sahabat," kata Irfan pada 16 September 2020 lalu. 

Baca Juga: [BREAKING] Menag Fachrul Razi Positif Corona

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya