2 Ribu Pengunjung Padati Festival Experience Indonesia di London

Festival ini digelar selama tiga hari

Jakarta, IDN Times - Festival Experience Indonesia mulai digelar di ibu kota London, Inggris. Festival ini digelar selama tiga hari berturut-turut yaitu 6-8 November 2022.

Hujan yang mengguyur London sejak pagi hari tak menyurutkan antuasiasme lebih dari dua ribu pengunjung untuk menikmat pasar rakyat khas Indonesia.

1. Acara dibuka oleh Menparekraf Sandiaga Uno

2 Ribu Pengunjung Padati Festival Experience Indonesia di LondonMenparekraf Sandiaga Uno dan Dubes RI untuk Inggris Desra Percaya. (dok. KBRI London)

Lokasi festival berada di Vinegar Yard yang tidak jauh dari The Shard yang merupakan bangunan tertinggi di Inggris, serta Borough Market yang menjadi pusat kumpul populer kalangan anak muda dan turis di Inggris.

Acara ini dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno.

“Ini acara yang sangat baik dan sukses untuk mempromosikan Indonesia, dan harapannya akan berkontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional
khususnya lewat sektor ecotourism dan UMKM,” kata Sandi, dalam keterangan tertulis KBRI London, yang diterima IDN Times, Selasa (8/11/2022).

Area kuliner menjadi favorit pengunjung. Untuk mengobati rasa rindu Tanah Air, Indonesia Day menyajikan mie ayam, rendang, bakso, nasi campur, sate dan berbagai kuliner otentik olahan 6 vendor UMKM pengusaha resto Indonesia di Inggris.

Baca Juga: Kunjungi Taipei, Mendag Inggris: Taiwan Juaranya Perdagangan Bebas

2. Penuh dengan tarian, budaya dan kuliner Indonesia

2 Ribu Pengunjung Padati Festival Experience Indonesia di LondonExperience Indonesia 2022. (dok. KBRI London)

Sepanjang acara, pengunjung dihibur mulai dari tampilan Banyuwangi the Sunrise of Java binaan pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Paguyuban Citra dari Indonesia, hingga tari Saman, Enggang Balian dan musik Sumatera Utara oleh diaspora Indonesia di Inggris.

Bambang Trytia Atmaja dan Ana Aldiana, yang merupakan kontestan asal Indonesia di Britain’s Got Talent, turut tampil menghangatkan cuaca.

Acara semakin meriah dengan penampilan Dewi Gita yang ajak pengunjung joget bersama berbagai komunitas masyarakat di Inggris. Di sela-sela acara panggung, pengunjung juga bisa puas berbelanja di gerai mini market dan produk kerajinan berkelanjutan yang diisi oleh Alleira Batik, Kalianda tapis Lampung serta produk tas kulit asal Garut Wiesnwitz.

3. Ada penandatanganan kerja sama didirikannya restoran Indonesia

2 Ribu Pengunjung Padati Festival Experience Indonesia di LondonExperience Indonesia 2022 di London. (dok. KBRI London)

Di sela festival ini, Duta Besar RI untuk Inggris Desra Percaya juga menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama pendirian Restoran Toba, restoran Indonesia binaan UMKM di Inggris yang akan resmi beroperasi mulai Februari 2023 di area premium Piccadilly di tengah kota London.

“Experience Indonesia menjadi platform untuk penguatan promosi Indonesia di Inggris, yang diharapkan dapat hasilkan manfaat ekonomi secara nyata khususnya bagi UMKM. Semakin banyaknya restoran Indonesia di London juga akan mendukung program pemerintah Indonesia
Spice Up the World untuk memperkenalkan kekayaan kuliner tanah air untuk dunia,” ungkap Desra.

Desra juga berharap, acara Experience Indonesia ini bisa menjadi kegiatan rutin tahunan di KBRI London.

Baca Juga: Mendag Inggris Kunjungi Taiwan, China Benar-benar Murka 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya