27 Jet Tempur China Masuk ke Zona Taiwan 

Taiwan tetap bertahan dengan ancaman serangan China

Jakarta, IDN Times - Setidaknya 27 jet tempur China menerobos masuk ke zona pertahanan udara Taiwan pada Rabu (3/8/2022) kemarin sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

Jet-jet tempur ini diterbangkan beberapa jam usai kunjungan kontroversial Pelosi ke Taipei.

Baca Juga: China Umumkan Operasi Militer setelah Nancy Pelosi Tiba di Taiwan

1. China mengklaim memang ada latihan militer

27 Jet Tempur China Masuk ke Zona Taiwan Ilustrasi pesawat jet tempur (unsplash.com/Terence Burke)

China mengumumkan bahwa 27 jet tempur yang meluncur di atas laut lepas pantai Taiwan ini sebagai latihan militer.

“Dalam perjuangan saat ini, seputar kunjungan Nancy Pelosi ke taiwan, AS adalah provokatornya, China adalah korbannya,” sebut Kementerian Luar Negeri China, dikutip dari Xinhua, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Tensi China-AS soal Taiwan, Indonesia Minta Semuanya Tahan Diri 

2. Taiwan tidak akan gentar

Menerima ancaman demi ancaman dari China, bahkan sebelum Pelosi datang hingga Pelosi pergi dari Taipei, Presiden Tsai Ing-wen mengaku Taiwan tidak akan gentar.

“Menghadapi ancaman militer yang sengaja ditingkatkan, Taiwan tidak akan mundur. Kami akan terus mempertahankan garis pertahanan untuk demokrasi,” ucap Tsai, saat bertemu dengan Pelosi.

3. AS bertekad melestarikan demokrasi Taiwan

Perjalanan Pelosi telah meningkatkan ketegangan AS-China lebih dari kunjungan anggota Kongres lainnya karena posisinya yang tinggi sebagai ketua parlemen AS.

Pelosi merupakan ketua parlemen pertama yang datang ke Taiwan dalam 25 tahun terakhir, tepatnya sejak kedatangan Newt Gingrich pada tahun 1997.

“Kunjungan Anda tidak hanya mencerminkan dukungan kuat dari Kongres AS untuk hubungan bilateral – tetapi juga mengirimkan pesan kepada dunia bahwa demokrasi berdiri bersama dalam menghadapi tantangan bersama,” ujar Tsai.

Tsai juga berterima kasih kepada Pelosi atas dukungannya selama puluhan tahun untuk Taiwan. Dalam pidatonya, Tsai juga menyinggung tentang ancaman China terhadap Taiwan. 

Baca Juga: ASEAN dan China Kembali Bahas Laut China Selatan 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya