5 Potret Serunya Festival Kue Bulan di Kedubes China! 

Untuk pertama kalinya sejak pandemik, China gelar open house

Jakarta, IDN Times - Kedutaan Besar China di Jakarta menggelar open house Festival Kue Bulan atau Moon Cake Festival yang sering dikenal dengan Mid-Autumn Festival. 

Festival Kue Bulan sendiri biasanya jatuh di antara pertengahan September hingga awal Oktober dengan penghitungan kalender Gregorian. Momen ini adalah saat bulan purnama bersinar paling terang dalam setahun.

Festival Kue Bulan memiliki makna yang dalam bagi rakyat China. Adapun tradisi yang dilakukan adalah kumpul bersama keluarga untuk makan bersama dan menikmati pemandangan bulan purnama.

Selain itu, tradisi lain dalam festival ini adalah memakan kue bulan yang terbuat dari tepung dengan isian kacang-kacangan, telur asin atau buah-buahan.

Kue-kue ini biasanya berbentuk bulat seperti bulan dengan dihiasi berbagai macam motif dan gambar. Di Indonesia, kue bulan biasanya banyak ditemukan di pasar atau toko di kawasan Pecinan selama perayaan ini.

Berikut potret Festival Kue Bulan khas China yang diabadikan IDN Times!

Baca Juga: Dubes China Buka Suara soal Indonesia Larang TikTok Shop

1. Pengunjung bisa mencoba membuat kue bulan sendiri lho! Hasilnya bisa dibawa pulang.

5 Potret Serunya Festival Kue Bulan di Kedubes China! Pengunjung mendapat kesempatan membuat kue bulan. (IDN Times/Sonya Michaella)

2. Kue bulan biasanya diisi dengan kacang merah, kacang-kacangan, telur asin, dan kacang hitam. Rasanya enak!

5 Potret Serunya Festival Kue Bulan di Kedubes China! Kue bulan yang disajikan di Kedubes China. (IDN Times/Sonya Michaella)

Baca Juga: China Usulkan Komunitas Maritim untuk Stabilitas Laut China Selatan

3. Ada booth baju-baju khas China juga. Kalau mau coba dan foto-foto, bisa banget!

5 Potret Serunya Festival Kue Bulan di Kedubes China! Kedubes China di Jakarta gelar open house Festival Kue Bulan. (IDN Times/Sonya Michaella)

4. Bisa coba kesenian potong kertas khas China juga lho!

5 Potret Serunya Festival Kue Bulan di Kedubes China! Kedubes China menggelar open house Festival Kue Bulan. (IDN Times/Sonya Michaella)

5. Ada juga suguhan tari-tarian ala China.

5 Potret Serunya Festival Kue Bulan di Kedubes China! Kedubes China gelar open house Festival Kue Bulan. (IDN Times/Sonya Michaella)

Baca Juga: Memanas, Filipina Copot Penghalang Apung China di Laut China Selatan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya