Al-Qaeda Disebut Punya Pemimpin Baru, Siapa?

Pemimpin baru Al-Qaeda dirilis AS

Jakarta, IDN Times - Al Qaeda kini punya pemimpin baru bernama Saif al-Adel, yang berasal dari Mesir, namun telah lama tinggal di Iran.

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menyebut Adel menggantikan posisi Ayman al-Zawahiri yang tewas pada Juli 2022.

“Penilaian kami sejalan dengan penilaian PBB bahwa pemimpin baru Al-Qaeda saat ini adalah Saif al-Adel yang berbasis di Iran,” kata seorang juru bicara Kemlu AS, dikutip dari France24, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga: Intelijen AS: Penerus Al Qaeda setelah Zawahiri Belum Jelas

1. Al-Qaeda belum resmi menunjuk pengganti Zawahiri

Al-Qaeda Disebut Punya Pemimpin Baru, Siapa?ilustrasi Ayman al-Zawahiri (kiri) dan Osama bin Laden (kanan) yang diunggah Cole Bunzel (twitter.com/colebunzel)

Hingga saat ini, Al-Qaeda belum resmi menunjuk Adel sebagai pengganti Zawahiri. Salah satu penyebabnya karena Adel tinggal di Iran, yang mayoritas penduduknya adalah penganut aliran Syiah.

“Lokasi tempat tinggal Adel ini menimbulkan pertanyaan, berkaitan dengan Al-Qaeda yang ingin menegaskan kepemimpinan gerakan global untuk menghadapi tantangan ISIS,” sebut laporan dari PBB.

2. Adel merupakan eks pasukan khusus Mesir

Adel yang berusia 62 tahun saat ini merupakan eks letnan kolonel pasukan khusus Mesir, dan sudah lama tergabung Al-Qaeda.

Dia pernah membantu membangun kapasitas operasional grup, dan melatih beberapa anggota Al-Qaeda dalam serangan 11 September 2001 di Gedung WTC, AS.

Baca Juga: Al-Qaeda Akui Serang Konvoi di Burkino Faso untuk Picu Krisis Ekonomi

3. Tinggal di Iran dalam pengawasan Korps Pengawal Revolusi Iran

Adel juga disebut tinggal di Iran dalam pengawasan dan perlindungan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran.

Ia dan para pemimpin Al Qaeda lainnya juga pernah ditempatkan di bawah tahanan rumah pada April 2003 oleh Iran.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya