AS Sebut Bakamla adalah Penjaga Pantai Kelas Dunia 

AS akan memberikan pelatihan ke Bakamla

Jakarta, IDN Times - Badan Keamanan Laut (Bakamla) disebut sebagai salah satu penjaga pantai terbaik kelas dunia. Pujian ini dilontarkan oleh Plt Wakil Asisten Menteri Utama Biro Narkotika Internasional dan Urusan Penegakan Hukum Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Lisa Johnson.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Johnson, juga menyempatkan diri berkunjung ke Batam dan melihat bagaimana pelatihan Bakamla.

1. Coast guard kelas dunia

AS Sebut Bakamla adalah Penjaga Pantai Kelas Dunia Petugas Bakamla ketika berpatroli di dekat pengeboran lepas pantai Noble Clyde Boudreaux di Blok Tuna, Laut Natuna Utara di Kepulauan Riau pada Juli 2021 (Dokumentasi Humas Bakamla)

Johnson yang berkunjung ke Batam bersama US Coast Guard, juga memberikan pelatihan kepada personel Bakamla.

“Saya sangat terkesan. Bakamla adalah Coast Guard kelas dunia dan sangat luar biasa,” kata Johnson dalam roundtable bersama media di Kedutaan Besar AS, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

“Kami membantu pusat pelatihan maritim yang akan menjadi fasiltias tercanggih di negara ini. Modelnya nanti akan mirip dengan pusat pelatihan di Yorktown, Virginia, AS,” lanjut dia.

Johnson berharap, pusat pelatihan ini akan rampung dibangun sebelum musim panas tahun ini.

Baca Juga: Bakamla Tangkap Kapal Tanker Asing Angkut 90 Ton BBM Ilegal di Batam

2. Perlu pelatihan yang terencana untuk Bakamla

AS Sebut Bakamla adalah Penjaga Pantai Kelas Dunia Wakil Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Lisa Johnson. (IDN Times/Sonya Michaella)

Menurut Johnson, Bakamla adalah garda terdepan penjaga pantai Indonesia sehingga butuh perlatihan yang terencana dan jelas untuk meningkatkan kompetensi mereka.

“US Coast Guard dan Bakamla juga akan menyusun kurikulum untuk pelatihan-pelatihan yang perlu dibagikan nanti,” tuturnya.

3. Pelatihan untuk siaga dari ancaman di maritim

AS Sebut Bakamla adalah Penjaga Pantai Kelas Dunia Ilustrasi personel Bakamla ketika mengikuti pelatihan VBSS (ANTARA FOTO/Bakamla)

Johnson memaparkan, pelatihan tersebut ditujukan agar para penjaga pantai siaga dengan berbagai ancaman di maritim, misalnya penyelundupan manusia atau narkoba, pelanggaran wilayah, hingga penangkapan ikan secara ilegal.

“Saya berharap pelatihan ini akan menjadi bekal untuk personel Bakamla,” ucap dia lagi.

Baca Juga: Jaga Laut Natuna Utara, Bakamla Siap Rangkul Negara ASEAN

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya