China Akui Lakukan Latihan Militer Dekat Selat Taiwan 

Taiwan menyebut tindakan China adalah provokasi

Jakarta, IDN Times - Militer China mengaku telah melakukan latihan tempur di sekitar Taiwan pada Minggu (8/1/2023) kemarin. Latihan ini berfokus pada serangan darat dan laut.

Militer China mengatakan pasukannya telah memgatur patroli kesiapan tempur gabungan dan latihan tempur di laut serta wilayah udara sekitar Taiwan.

Baca Juga: China-Filipina Sepakat Atasi Sengketa Laut China Selatan Secara Damai

1. Uji kemampuan militer gabungan

Dilansir dari Al Jazeera, Senin (9/1/2023), China mengatakan, tujuan dari latihan tersebut adalah menguji kemampuan tempur gabungan.

“Latihan ini juga menunjukkan ketegasan melawan aksi provokatif dari pasukan eksternal dan pasukan separatis kemerdekaan Taiwan,” sebut pernyataan militer China.

Baca Juga: Jet Tempur China Dekati Pesawat AS di Laut China Selatan 

2. Taiwan kutuk keras latihan tersebut

China Akui Lakukan Latihan Militer Dekat Selat Taiwan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memberi pidato dalam sebuah upacara kenegaraan pada 10 September 2020. (Facebook.com/蔡英文 Tsai Ing-wen)

Sementara itu, kantor kepresidenan Taiwan mengatakan China membuat tuduhan tidak berdasar dan Taiwan mengutuk keras latihan tersebut.

“Perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan dan kawasan adalah tanggung jawab bersama Taiwan dan China,” kata kantor presiden Taiwan.

“Posisi Taiwan sangat jelas, tidak akan meningkatkan konflik atau memprovokasi perselisihan tetapi akan tegas mempertahankan kedaulatan dan keamanannya,” lanjut pernyataan itu.

Baca Juga: Makin Lengket, Rusia-China Latihan Militer Bersama di Laut China Timur

3. Ada 57 pesawat militer dan empat kapal AL China

Kementerian Pertahanan Taiwan mengonfirmasi mereka telah mendeteksi 57 pesawat militer China dan empat kapal Angkatan Laut China di sekitar Selat Taiwan.

“Sekitar 28 pesawat terbang ke zona identifikasi pertahanan udara di barat daya Taiwan dan beberapa melintasi garis media Selat Taiwan,” ungkap Kemenhan Taiwan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya