China Jatuhkan Sanksi ke Nancy Pelosi dan Keluarganya 

Sanksi ini imbas kunjungan Pelosi ke Taiwan

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dijatuhi sanksi oleh China setelah kunjungannya ke Taiwan dan bertemu Presiden Tsai Ing-wen.

China menegaskan Taiwan adalah bagian dari negaranya dan tidak seharusnya Pelosi melakukan kunjungan ke wilayah yang ingin memisahkan diri tersebut. Pelosi adalah pejabat tertinggi AS kedua yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun terakhir.

1. Keluarga Nancy Pelosi disanksi China

China Jatuhkan Sanksi ke Nancy Pelosi dan Keluarganya Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi, mengumumkan perkembangan Investigasi Mueller pada 25 Juli. instagram.com/speakerpelosi

Negeri Tirai Bambu tersebut menjatuhkan sanksi terhadap Pelosi dan keluarga serta kerabat dekatnya, meski tak dirinci apa saja sanksi yang dimaksud.

“Nancy Pelosi melakukan kunjungan yang provokatif yang merusak kedaulatan dan integritas teritorial China,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri China, dikutip dari CNN, Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga: China-Taiwan Tegang, Kondisi WNI Dipastikan Aman 

2. Menlu Antony Blinken minta China tak tambah aktivitas militer

China Jatuhkan Sanksi ke Nancy Pelosi dan Keluarganya Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, saat berbicara dalam konferensi pers pada Senin 1 Februari 2021. (Facebook.com/U.S. Department of State)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken. meminta China tidak dengan sengaja menciptakan krisis di Selat Taiwan.

Blinken juga mengaku bahwa AS telah menghubungi dan melibatkan sejumlah pihak di China untuk menyampaikan pesan agar Negeri Tirai Bambu untuk tidak meningkatkan serangan ke Taiwan.

“Saya ingin menekankan bahwa tidak ada yang berubah dengan posisi kami, dan saya sangat berharap bahwa Beijing tidak akan dengan sengaja menciptakan krisis atau mencari dalih untuk meningkatkan aktivitas militernya yang agresif,” kata Blinken.

3. Ketegangan China dan Taiwan meningkat

China Jatuhkan Sanksi ke Nancy Pelosi dan Keluarganya Xi Jin Ping dan Tsai Ing-wen (instagram.com/tsai_ingweninstagram.com/chinaxinhuanews)

Sekitar 68 jet tempur milik China menerobos garis median Selat Taiwan pada Jumat (5/8/2022). Selain jet tempur, China juga mengirim 13 kapal perang. Seorang sumber pemerintahan Taiwan mengatakan, 68 jet militer China tersebut melintasi garis batas Taiwan meski hanya sebentar.

Untuk merespons latihan militer China sejak dua hari lalu, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Taiwan mengirim pesawat militer dan sistem rudal berbasis darat untuk memantau situasi di Selat Taiwan.

Baca Juga: Utusan Malaysia untuk China Mengecam Kunjungan Pelosi di Taiwan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya