Dari China, Prabowo Terbang ke Jepang Temui PM Kishida

Jepang siap sambut presiden terpilih RI

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto melanjutkan kunjungannya ke Jepang, pada 2-3 April 2024. Kunjungan ini juga sudah dikonfirmasi oleh Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

“Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menginfokan bahwa Presiden Terpilih Bapak Prabowo Subianto dijadwalkan mengunjungi Jepang pada 2 hingga 3 April 2024 dan sedang dalam proses mengatur pertemuan dengan para pejabat pemerintah Jepang,” demikian informasi yang diterima IDN Times, Senin (1/4/2024).

Baca Juga: Presiden Xi Jinping Terima Prabowo, Siap Kerja Sama Lebih Luas

1. Dijadwalkan bertemu PM Kishida

Dari China, Prabowo Terbang ke Jepang Temui PM KishidaFumio Kishida saat menghadiri KTT G7 (Twitter.com/岸田文雄)

Dilansir dari Arab News, Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshimasa Hayashi mengonfirmasi bahwa Prabowo dijadwalkan bakal bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida.

“Indonesia adalah mitra strategis komprehensif Jepang, yang berbagi prinsip-prinsip dan nilai-nilai mendasar serta memiliki ikatan sejarah dengan Jepang dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, budaya,” ucap Hayashi.

2. Berharap Prabowo bisa bantu perkuat hubungan

Dari China, Prabowo Terbang ke Jepang Temui PM KishidaPresiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto diberi lukisan tangan karya Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menghadiri acara silaturahmi dan buka puasa bersama di Hotel St Regis, Jakarta, Rabu (27/3/2024). (Dok. Gerindra)

Selain dengan Kishida, Prabowo juga dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Jepang Kihara Minoru.

Hayashi berharap bahwa kunjungan Prabowo dapat membantu memperkuat hubungan Jepang dan Indonesia.

Baca Juga: Prabowo Bakal Kunjungi Jepang Pekan Ini, Mau Bahas Apa?

3. Prabowo diterima Xi Jinping di China

Dari China, Prabowo Terbang ke Jepang Temui PM KishidaMenhan Prabowo Subianto dan Presiden Xi Jinping. (Dok. X @spokespersonCHN)

Sebelumnya, Prabowo baru saja diterima oleh Presiden Xi Jinping di Beijing, China, hari ini. Xi sempat mengucapkan selamat secara langsung ke Prabowo lantaran sudah memenangkan pemilu 2024.

Xi juga menegaskan bahwa China siap mengembangkan dan memperkuat kerja sama dengan Indonesia ke depannya.

"China bersedia mempertahankan pertukaran yang erat dengan Indonesia, bertukar pengalaman dalam tata kelola negara, memperkuat strategi pembangunan, dan terus memperdalam kerja sama maritim. China juga bersedia memperkuat kerja sama dan memberikan dukungan dengan Indonesia di bidang pengentasan kemiskinan," ucap Xi.

Baca Juga: Temui Xi Jinping, Prabowo Akui Senang Bisa Kunjungi China

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya