Di KTT Teluk, China Tegaskan Dukungan untuk Palestina

Xi Jinping bertemu dengan Mahmoud Abbas

Jakarta, IDN Times - Presiden China XI Jinping mengatakan China tegas mendukung perjuangan rakyat Palestina, terutama untuk mendapatkan kembali hak-hak mereka.

Xi Jinping mengatakan hal ini langsung kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas saat bertemu di KTT Teluk di Riyadh, pekan ini. 

Baca Juga: Diduga Terima Suap Negara Teluk, Wakil Presiden Parlemen Eropa Ditahan

1. Palestina berterima kasih kepada China

Dilansir dari BBC, Sabtu (10/12/2022), Abbas berterima kasih kepada China atas dukungannya yang terbuka kepada Palestina.

China juga disebutkan akan membantu pembangunan bagi rakyat Palestina, di samping akan terus mendukung rakyat Palestina memperoleh haknya kembali.

Baca Juga: China Longgarkan Kebijakan COVID-19, Apa Saja Aturannya?

2. Beijing berharap hubungan bilateral menguat

Sementara itu, Xi Jinping menegaskan bahwa hubungan bilateral China-Palestina pasti akan semakin kuat. Xi pun menegaskan komitmennya untuk melanjutkan dukungan politik dan ekonomi untuk Palestina.

"Pemimpin Xi menyampaikan bahwa Beijing akan sangat menghargai dukungan politik timbal balik di forum internasional," sebut media pemerintah China.

Baca Juga: China-Saudi Makin Mesra, Teken 34 Kesepakatan Baru 

3. China dukung Two State Solution

Di KTT Teluk, China Tegaskan Dukungan untuk PalestinaIlustrasi Palestina (Dok. Google Map)

Tak disangka, Palestina dan China sudah menjalin hubungan sejak 1963 silam. China merupakan salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Palestina di bawah prinsip Two State Solution.

Beijing menegaskan, hanya dengan Two State Solution konflik Israel-Palestina bisa diselesaikan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya