Diduga Selingkuh, Eks Menlu China Qin Gang Diselidiki

Qin Gang diduga berselingkuh saat jadi dubes di AS

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Luar Negeri China Qin Gang disebut telah berselingkuh saat masih menjabat sebagai Duta Besar China untuk Amerika Serikat (AS).

Qin Gang dicopot jadi jabatan menteri luar negeri pada Juli 2023 lalu, dan digantikan kembali oleh Wang Yi. Kala itu, berembus isu perselingkuhan yang dilakukan Qin Gang, namun Kementerian Luar Negeri China memilih bungkam.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (19/9/2023), salah satu pejabat senior China menyebut bahwa ada penyelidikan internal dari Partai Komunis yang menemukan bahwa Qin berselingkuh.

Baca Juga: Menlu Retno Bertemu Menlu China, Ini Isu yang Dibahas

1. Perselingkuhan menghasilkan anak

Diduga Selingkuh, Eks Menlu China Qin Gang DiselidikiMenteri Luar Negeri China Qin Gang. (dok. Kemlu RI)

Menurut penyelidikan internal Partai Komunis tersebut, perselingkuhan yang dilakukan Qin ini terjadi saat ia menjabat sebagai Dubes China di Washington DC.

Perselingkuhan tersebut juga melahirkan seorang anak di AS. Namun tak diketahui di mana anak tersebut tinggal dan berapa usianya.

Qin Gang diketahui menjadi Dubes China untuk Amerika Serikat dari Juli 2021 hingga Januari 2023. Kemudian ia dilantik menjadi Menteri Luar Negeri China pada Desember 2022.

2. Terakhir muncul di publik pada 25 Juni 2023

Menurut Kemlu China, Qin terakhir terlihat ketika menerima kunjungan pejabat dari Vietnam, Sri Lanka, dan Rusia di Beijing pada 25 Juni 2023 lalu. Sebelumnya, Qin sempat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, pada 18 Juni 2023.

Setelah 25 Juni, Qin dilaporkan belum lagi terlihat di publik maupun di acara resmi kenegaraan. Bahkan hingga sekarang, tak terlihat batang hidung Qin Gang.

Seharusnya pada 10 Juli 2023, Qin menerima kunjungan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, di Beijing. Namun pada 5 Juli 2023, Uni Eropa mengumumkan bahwa kunjungan Borrell dibatalkan tanpa menyebutkan alasannya.

3. Banyak spekulasi yang muncul akibat absennya Qin Gang

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China sempat mengatakan bahwa Qin Gang absen dalam pekerjaannya karena alasan kesehatan. Namun tak dijelaskan lebih rinci apa sakit yang diderita Qin Gang.

Qin juga tidak hadir pada gelaran pertemuan Menlu ASEAN di Jakarta pada Juli 2023 lalu dan disebut karena alasan kesehatan. China diwakili oleh Wang Yi, yang kala itu menjabat sebagai direktur urusan luar negeri Partai Komunis China

Baca Juga: China Rilis Peta Baru, Ini Kata Menlu Retno

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya