Garuda Indonesia Buka Lagi Rute Bali-Seoul, yuk Liburan!

Garuda Indonesia terbang dua kali sepekan ke Seoul, Korsel

Jakarta, IDN Times - Maskapai Garuda Indonesia kini membuka kembali rute Seoul ke Bali. Pembukaan rute ini juga diresmikan oleh Duta Besar RI untuk Korea Selatan (Korsel), Gandi Sulistiyanto.

Gandi mengungkapkan, pembukaan rute Garuda Indonesia semakin mempererat hubungan kerja sama Indonesia dan Korsel.

Baca Juga: Jokowi Resmi Suntik Modal Rp7,5 Triliun ke Garuda Indonesia   

1. Dua kali sepekan penerbangan

Garuda Indonesia Buka Lagi Rute Bali-Seoul, yuk Liburan!Peresmian pembukaan kembali rute Seoul-Bali. (Dok. KBRI Seoul)

Wakil Presiden Garuda Indonesia Bidang Kawasan Internasional, Dian Ediono, menyampaikan bahwa Garuda Indonesia akan melayani rute Incheon-Denpasar sebanyak dua kali sepekan di hari Minggu dan Senin.

Ini sekaligus memanfaatkan momen warga Korea Selatan dan negara-negara di kawasan Utara akan berlibur akhir tahun.

"Untuk itu, kami menyambut baik penerbangan kembali dari Seoul ke Bali oleh Garuda Indonesia yang akan membuka pintu guna semakin meningkatnya wisatawan dari Korsel yang berkunjung ke Indonesia,” kata Gandi, dalam keterangan tertulis KBRI Seoul yang diterima IDN Times, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: KBRI Seoul Pantau Kondisi 17 WNI Korban Pembajakan Kapal

2. Memperkuat hubungan bilateral dua negara

Garuda Indonesia Buka Lagi Rute Bali-Seoul, yuk Liburan!Presiden Jokowi bertemu Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Kantor Kepresidenan Yongsan, Seoul (dok. Sekretariat Presiden)

Gandi juga mengungkapkan bahwa pembukaan kembali penerbangan Seoul ke Bali ini juga meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

“Tahun 2023, Indonesia dan Korea Selatan akan memperingati 50 tahun hubungan diplomatik. KBRI Seoul akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang menandai hubungan diplomatik yang erat antara kedua negara,” ucap dia.

“Penerbangan langsung dari Incheon ke Denpasar semakin memperkuat hubungan bilateral. Sementara, di tingkat kawasan, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN dan MIKTA,” lanjut Gandi.

3. Bali merupakan destinasi favorit warga Korsel

Garuda Indonesia Buka Lagi Rute Bali-Seoul, yuk Liburan!IDN Times/Diantari Putri

Maskapai Garuda Indonesia A 330-300 akan melayani dengan kapasitas 251 penumpang terdiri dari 36 kelas bisnis dan 215 kelas ekonomi. Penerbangan pertama dari Seoul ke Denpasar akan lepas landas dengan GA817 jam 11.35 dan tiba jam 17.50 WITA di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Sementara penerbangan dari Bali ke Seoul akan bertolak jam 01.25 WITA dan tiba jam 09.15 pagi.

Selama hampir 2 dekade terakhir, Indonesia khususnya Bali senantiasa menjadi salah satu destinasi favorit warga Korea. Untuk pasangan yang baru menikah, Bali merupakan lokasi yang cukup ternama.

Pada periode Januari sampai Juli 2022, 1.2 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia, dan sebagian besar berwisata ke Bali. Penerbangan Garuda rute Seoul-Bali merupakan salah satu upaya untuk mendorong pemulihan pariwisata Tanah Air.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya