Gelombang Panas Melanda Eropa, Italia Panas 45 Derajat!

Spanyol dan Yunani juga merasakan panas menyengat

Jakarta, IDN Times - Gelombang panas kembali melanda Benua Eropa, tepatnya di Italia. Suhu di negara tersebut dilaporkan kini mencapai 40 derajat Celcius.

Dilansir dari The Straits Times, Rabu (19/7/2023), selain Italia, Spanyol dan Yunani juga merasakan gelombang panas yang cukup ekstrem.

Salah satu penyebabnya adalah antisiklon yang bertekanan tinggi. Saat ini, Yunani mengalami kebakaran hutan dan merupakan penyebab udara makin panas.

Baca Juga: Gelombang Panas Perparah 2 Kebakaran Hutan di Yunani

1. Beberapa wilayah di Italia menyentuh 45 derajat Celcius

Gelombang Panas Melanda Eropa, Italia Panas 45 Derajat!Ilustrasi gelombang panas (Pixabay)

Sejumlah kota di Italia seperti Sardinia dan Sisilia termasuk dalam wilayah dengan siaga tinggi di mana suhu di kota-kota tersebut mencapai 45 derajat Celcius.

Pemadaman listrik bahkan terjadi di ibu kota Roma karena tidak mampu memenuhi kebutuhan penggunaan pendingin atau AC.

Baca Juga: Gelombang Panas Landa India hingga AS, Ratusan Tewas

2. Kebakaran hutan di Spanyol

Gelombang Panas Melanda Eropa, Italia Panas 45 Derajat!potret bendera Spanyol dari atas gedung (pexels.com/Mikhail Nilov)

Selain Yunani, Spanyol juga mengalami kebakaran hutan, tepatnya di Canary La Palma. Kebakaran ini melahap sekitar 4.600 hektar lahan, yang mayoritas adalah tanah perbukitan.

Lebih dari 4 ribu penduduk setempat langsung dievakuasi pada Sabtu pekan lalu dan sudah diizinkan kembali ke rumah masing-masing keesokan harinya.

3. Kemenkes Italia minta warga tidak keluar di siang hari

Gelombang Panas Melanda Eropa, Italia Panas 45 Derajat!potret Sardinia di Italia (pixabay.com/piquar)

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Italia bahkan mengimbau para warga untuk tidak keluar rumah antara pukul 11.00 hingga 18.00 agar terhindar dari panas yang begitu menyengat.

Gelombang panas tahun ini dijuluki Cerberus oleh masyarakat Italia karena merupakan kondisi yang paling panas dari beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Panas Banget! Suhu UEA Tembus 50 Derajat Celcius

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya