Gubernur AS Kunjungi Taiwan di Tengah Ketegangan

Gubernur Indiana bertemu dengan Presiden Tsai Ing Wen

Jakarta, IDN Times - Eric Holcomb, Gubernur Indiana, Amerika Serikat (AS), mengunjungi Taiwan pada Minggu (21/8/2022). Kunjungan ini dilakukan di tengah ketegangan antara Taiwan dan China.

Sebelumnya Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan anggota parlemen AS juga mengunjungi Taiwan. Kunjungan ini membuat berang China dan memicu ketegangan di antara kedua negara tersebut.

1. Bertemu Presiden Tsai Ing Wen

Di Taipei, Holcomb bertemu dengan Presiden Tsai Ing Wen. Selain itu, Holcomb juga bertemu dengan pelaku bisnis Taiwan.

“Delegasi kami akan menghabiskan pertemuan ini dengan bertemu pejabat pemerintah, pelaku bisnis, dan akademisi untuk memperkuat kerja sama ekonomi, akademik, budaya dengan Taiwan dan Korsel,” kata Holcomb, dikutip dari CNN, Selasa (23/8/2022).

Sementara itu, Tsai mengatakan bahwa Taiwan dan AS adalah sekutu kunci di bidang keamanan dan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik. Ia juga menekankan sekutu demokrasi harus berjalan bersama.

Baca Juga: AS-Taiwan Mulai Diskusi Perdagangan Formal, China Apa Kabar?

2. China belum berkomentar

Gubernur AS Kunjungi Taiwan di Tengah KeteganganPresiden Tiongkok Xi Jinping mengenakan seragam militer (www.scmp.com)

Kunjungan Holcomb ini belum mendapat komentar dari China. Namun, setelah kunjungan lima anggota parlemen AS ke Taiwan, China sempat melayangkan ancaman.

Bagi China, kunjungan para politisi Negeri Paman Sam ini bisa membahayakan kedaulatan dan mengancam hubungan diplomatik kedua negara.

Sementara China bersikukuh bahwa Taiwan merupakan bagian dari negaranya, tak akan bisa dipisahkan sampai kapanpun.

3. AS tetap berpijak pada One China Policy

Gubernur AS Kunjungi Taiwan di Tengah KeteganganPresiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (www.china-embassy.org)

Gedung Putih telah menegaskan bahwa tidak ada perubahan pada kebijakan AS yang berdiri pada One China Policy, bahwa Washington mengakui China sebagai satu-satunya pemerintah China yang sah.

Holcomb merupakan gubernur AS pertama yang mengunjungi Taiwan sejak 2019 dan gubernur Indiana pertama yang melakukan perjalanan ke pulau tersebut selama 17 tahun terakhir.

Baca Juga: AS-Taiwan Mulai Dialog Perdagangan, Padahal China Lagi Marah-marah

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya