Hari Pertama Jadi Wamenlu, Pahala Langsung Rapat Pimpinan 

Pahala disambut oleh Menlu RI Retno Marsudi

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Pahala Mansury langsung mengikuti Rapat Pimpinan Kementerian Luar Negeri RI, Senin (17/7/2023). Pahala juga disambut oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Pahala dilantik oleh Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo bersama dengan empat wakil menteri lainnya serta Menkominfo dan Watimpres. Ini menjadi pergeseran peran bagi Pahala, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I sejak 2020 lalu. 

"Selamat datang di keluarga besar Kementerian Luar Negeri kepada Wakil Menlu RI BapakPahala Mansury. Rapat pimpinan langsung dilakukan dengan Wamen Pahala. Welcome to your new home Pak," tulis Retno dalam akun Twitter-nya, kemarin.

Terkait tugas, Pahala kemungkinan besar akan diberikan beban yang berkaitan dengan diplomasi ekonomi. Tapi, Pahala juga tak menampik pasti akan ditugaskan untuk mengurusi diplomasi Indonesia dengan negara-negara lain.

"Yang pasti nanti minta arahan Ibu Menlu dulu, kira-kira tugas apa untuk Wamenlu. Tapi, ya karena pengalaman saya banyak di korporasi dan ekonomi, mungkin itu yang jadi salah satu yang akan dikembangkan ke depannya," kata Pahala, di Istana Negara, Jakarta, usai dilantik, Senin (17/7/2023).

1. Pengalaman di bidang ekonomi jadi modal

Pahala mengaku siap dengan jabatannya saat ini sebagai Wamenlu RI untuk melebarkan sayap diplomasi Indonesia.

"Pasti banyak hal yang harus dipelajari lagi. Tapi, bagaimana pengalaman kami sebelumnya ini bisa jadi modal untuk penugasan yang sekarang," tutur Pahala.

Baca Juga: Profil Pahala Mansury Wamenlu RI yang Baru

2. Arahan dari Jokowi

Hari Pertama Jadi Wamenlu, Pahala Langsung Rapat Pimpinan Wamen I BUMN, Pahala N. Mansury (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara itu, Pahala mengaku sudah mendapatkan sejumlah arahan dari Jokowi, meski belum terlalu spesifik. Beberapa jadi fokus, termasuk perdagangan dan investasi dari pihak asing.

"Ya tadi sudah saya sampaikan mengenai bagaimana pengembangan untuk perdagangan, untuk investasi internasional karena memang tantangan ke depannya itu adalah bagaimana meningkatkan hubungan perekonomian antara Indonesia dengan negara lainnya," ujar Pahala.

3. Profil Pahala Mansury

Hari Pertama Jadi Wamenlu, Pahala Langsung Rapat Pimpinan Wamen I BUMN, Pahala N. Mansury (IDN Times/Herka Yanis)

Sebelum bergabung dengan Kementerian BUMN, Pahala merupakan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara pada 2019-2020.

Pahala juga sempat menduduki sejumlah posisi penting, antara lain Direktur Keuangan PT Pertamina (2018-2019), Direktur Utama PT Garuda Indonesia (2017-2018), Direktur Treasury Market PT Bank Mandiri (2015-2017) serta sejumlah pengalaman profesional di berbagai konsultan internasional.

Pahala merupakan lulusan S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan S2 dari NYU Stern School of Business, dengan jurusan Business Administration.

Baca Juga: Jadi Wamenlu RI, Ini Tugas Pahala Mansury

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya