Profil Pahala Mansury Wamenlu RI yang Baru

Pahala sebelumnya adalah Wamen BUMN I

Jakarta, IDN Times - Pahala Nugraha Mansury telah sah dilantik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, hari ini (17/7/2023), di Istana Negara, Jakarta, oleh Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo.

Sebelumnya, Pahala adalah Wakil Menteri BUMN I sejak 2020 lalu. Posisi Wamen BUMN kini diisi oleh Rosan Roslani, yang menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari laman BUMN, Pahala sebelumnya menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang diangkat menjadi Menteri Kesehatan. Sebelum bergabung dengan Kementerian BUMN, Pahala merupakan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara pada 2019-2020.

1. Deret karier Pahala

Profil Pahala Mansury Wamenlu RI yang BaruWamen I BUMN, Pahala N. Mansury (IDN Times/Uni Lubis)

Sebelum jadi Wakil Menteri BUMN I, Pahala sempat menduduki sejumlah posisi penting, antara lain Direktur Keuangan PT Pertamina (2018-2019), Direktur Utama PT Garuda Indonesia (2017-2018), Direktur Treasury Market PT Bank Mandiri (2015-2017) serta sejumlah pengalaman profesional di berbagai konsultan internasional.

Pahala merupakan lulusan S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan lulus S2 dari NYU Stern School of Business, dengan jurusan Business Administration.

Baca Juga: Sederet Menteri-Wamen yang Dilantik Jokowi Hari Ini

2. Tugas Wamenlu, apa saja?

Profil Pahala Mansury Wamenlu RI yang BaruIlustrasi Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri (IDN Times/Fitang Budhi Aditia)

Dengan posisi sekarang, Pahala kini mengemban tugas untuk diplomasi ekonomi Indonesia, mulai dari koordinasi hingga negosiasi dan diplomasi Indonesia.

Selain itu, Wamenlu RI juga bertugas untuk berkoordinasi antarkementerian untuk hubungan internasional terutama dari isu ekonomi. Posisi Wamenlu sebelumnya diemban oleh Mahendra Siregar yang kini menjadi Ketua OJK. 

3. Jokowi lantik lima wakil menteri

Profil Pahala Mansury Wamenlu RI yang BaruDuta Besar (Dubes) Indonesia untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Perkasa Roeslani tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7/2023) untuk menghadiri pelantikan Menteri dan Wakil Menteri. (IDN Times/ Ilman Nafi'an)

Pelantikan Wakil Menteri tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 32N, tentang pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara, Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan Periode 2019-2024.

Jokowi memimpin jalannya acara pelantikan. Dia meminta para menteri tersebut untuk mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapannya.

"Demi Allah, saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata mereka mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.

Berikut daftar menteri dan wakil menteri yang dilantik:

- Menkominfo: Budi Arie
- Wamekominfo: Nezar Patria
- Wamendes: Prof Paiman Raharjo
- Wamenlu: Pahala Mansury
- WamenBUMN: Rosan Roeslani
- Wamenag: Saiful Rahmat Dasuki

Baca Juga: Jadi Menkominfo, Harta Budi Arie Sentuh Rp101 Miliar

Topik:

  • Satria Permana
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya